Popnas XVI Sumsel Resmi Digelar, Kontingen Kalbar Siap Rengkuh 10 Besar Nasional

KalbarOnline, Palembang – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Sumatera Selatan (Sumsel) 2023 secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Kota Palembang, Minggu (27/08/2023) malam.

Seremonial pembukaan Popnas XVI Sumsel 2023 berlangsung semarak dengan penampilan tari kolosal nusantara. Tampak hadi dalam kegiatan itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru, gubernur se-Indonesia atau yang mewakili, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel serta ribuan atlet pelajar dari 34 provinsi se-Indonesia.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, dalam kejuaraan ini Provinsi Kalbar mengirim sebanyak 113 atlet yang merupakan hasil penjaringan dari Pra Popnas 2022 di Provinsi Lampung dan juga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalbar 2023 pada Juni lalu.

“Sebanyak 10 atlet pelajar yang mewakili kontingen Kalbar mengikuti defile seremoni. Sementara secara keseluruhan, Kalbar menurunkan sebanyak 113 atlet, 46 pelatih dan 21 official di Popnas XVI Sumsel 2023,” ujarnya.

Windy menerangkan, kompetisi olahraga tertinggi antar pelajar se-Indonesia itu akan berlangsung hingga tanggal 3 September 2023 mendatang. Kontingen Kalbar, lanjutnya, akan mengikuti 16 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Kontingen Popnas Kalbar yang dikomandoi oleh Disporapar Kalbar akan mengikuti 16 cabang olahraga dari 22 cabor yang dipertandingkan,” ungkapnya.

Adapun 16 cabor yang akan diikuti tersebut, antara lain bola basket, voli indoor, pencak silat, tinju, bulutangkis, dan renang. Kemudian juga ada cabor karate, balap sepeda, wushu, panjat tebing, taekwondo, menembak, atletik, kempo, angkat besi dan panahan.

Baca Juga :  Sutarmidji Janjikan Bonus Bagi Atlet yang Mampu Pecahkan Rekor Nasional

“Dengan membawa motto ‘berprestasi untuk daerah’, para atlet bertekad (bisa) meraih hasil terbaik dan membawa medali emas untuk Kalbar,” ucapnya.

Lebih lanjut Windy menjelaskan cabor-cabor tersebut telah dibagi menjadi tiga kelompok, sesuai dengan potensi yang bisa diraih kontingen Kalbar. Mulai dari cabor unggulan dengan cabor atletik, angkat besi, renang, tinju, karate dan pencak silat.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menghadiri seremonial pembukaan Popnas XVI Sumatera Selatan 2023 di PSCC, Kota Palembang, Minggu (27/08/2023) malam. (Disporapar Kalbar For KalbarOnline.com)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menghadiri seremonial pembukaan Popnas XVI Sumatera Selatan 2023 di PSCC, Kota Palembang, Minggu (27/08/2023) malam. (Disporapar Kalbar For KalbarOnline.com)

“Cabor unggulan dengan melihat beberapa hasil dari kejurnas, hasil pra popnas dan popda, yang diharapkan besar meraih medali emas dan perak,” terangnya.

Lalu yang kedua ada cabor produktif, terdiri dari wushu, taekwondo, basket, dan voli indoor. Cabor produktif, lanjut dia, menjadi cabor yang diharapkan bisa banyak menopang peraihan medali. Sedangkan yang ketiga ada cabor harapan. Terdiri dari cabor panahan, menembak, kempo, bulutangkis, balap sepeda dan panjat tebing.

“Jadi cabor harapan merupakan cabor baru yang diikuti Kalbar di popnas, dan mempunyai harapan mendulang medali. Untuk keseluruhan target Kalbar (di popnas) bisa meraih tujuh (medali) emas, dengan capaian masuk 10 besar (nasional),” harapnya.

Sebelumnya, Menpora RI Dito Ariotedjo dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tuan rumah Provinsi Sumsel serta pihak panitia yang telah menyiapkan Popnas dengan sangat baik.

“Yang awalnya popnas ini diselenggarakan di dua provinsi dengan 29 cabor, namun di tengah perjalanan, salah satu provinsi mundur, namun meski demikian Sumsel menolak ikut mundur, dan tetap berkomitmen untuk tetap maju sebagai tuan rumah tunggal penyelenggaraan popnas dengan 22 cabor,” ujarnya.

Baca Juga :  Sempat Ditolak Warga, Jenazah Pasien PDP Covid-19 Akhirnya Dimakamkan di Sudiang

Popnas menurutnya merupakan tonggak untuk event-event olahraga besar yang akan dilalui oleh para atlet junior terbaik di Indonesia. Popnas juga dianggap sebagai batu loncatan bagi para atlet pelajar untuk bisa bertanding di multi event yang lebih besar.

“Popnas bagi saya bukan sekadar kompetisi, popnas memiliki peran penting dalam membentuk karakter angkatan muda, melalui popnas para pelajar memiliki peluang meningkatkan kecakapan sosial di dalam maupun di luar lapangan. Proses ini yang akan menempa mental pelajar kita menjadi lebih tangguh dan lebih tangkas,” kata dia.

Menpora Dito turut menyemangati para peserta, bahwa jalan yang ditempuh masih panjang. Di mana kejuaraan demi kejuaraan akan terus menanti di depan. Untuk itu, para atlet diharapkannya bisa terus berlatih dengan dedikasi dan dari hari ke hari bisa terus mencetak prestasi lebih banyak.

“Semoga cita-cita adik-adik untuk menjadi atlet terbaik Indonesia bisa tercapai. Atas nama pemerintah pusat dan Kemenpora khususnya, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi terhadap kelancaran Popnas XVI Sumsel 2023. Dengan ini saya resmi membuka Popnas 2023 di Sumatera Selatan,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment