Wujud Toleransi, Organisasi Kepemudaan Kristiani Landak Dukung Pelaksanaan Muswil XIII Pemuda Muhammadiyah

KalbarOnline, Pontianak – Dalam upaya memperkuat sinergitas dan toleransi antar ormas berbasis agama, sejumlah cabang organisasi kepemudaan kristiani di Kabupaten Landak mengeluarkan pernyataan mendukung pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) XIII Pemuda Muhammadiyah tingkat Provinsi Kalbar di kabupaten tersebut pada tanggal 1 – 3 September 2023.

Sejumlah cabang organisasi itu diantaranya seperti Pemuda Katolik, Pemuda Gereja Kristen, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Dalam pernyataan sikap mereka, organisasi-organisasi tersebut menegaskan komitmen mereka untuk menjaga sinergitas dan toleransi antar umat beragama.

Menyadari pentingnya menjaga kerukunan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dukungan ini diharapkan dapat menciptakan situasi aman dan damai di daerah tersebut.

Baca Juga :  Singkawang, Kota Paling Toleran se-Indonesia 2021

Muswil XIII Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Landak ini akan dihadiri oleh ratusan peserta dan pengurus dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

Sekretaris Karateker GAMKI Kabupaten Landak, Erwin menyatakan, bahwa organisasi kristiani akan terus menjaga kerukunan antar umat beragama. Ia juga memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap agar pelaksanaannya dapat berlangsung dengan damai dan aman.

Erwin menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Ia berpendapat, bahwa Kalimantan Barat memiliki potensi untuk menjadi contoh bagi Indonesia dalam merangkul keragaman suku dan agama.

Baca Juga :  Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Tunggal, Istana Berharap DPR Setuju

“Kami berharap Muswil XIII Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Landak dapat berjalan dengan damai dan aman,” harap Erwin.

Ia juga menuturkan, keberagaman suku dan agama di Kalimantan Barat dapat menguatkan sinergitas dan toleransi, menciptakan situasi yang kondusif menjelang pemilu 2024.

Dukungan yang diberikan oleh organisasi kepemudaan berbasis agama kristiani ini menjadi langkah positif menuju pemahaman dan kerukunan lintas agama dalam konteks perbedaan. Melalui dukungan ini, diharapkan Kalimantan Barat dapat terus menjadi model bagi keberagaman Indonesia yang damai dan harmonis. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment