Singkawang Kembali Dinobatkan Kota Paling Toleran se-Indonesia, Sutarmidji: Terus Jaga Keharmonisan

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengucapkan selamat atas predikat Kota Tertoleran yang kembali diraih Kota Singkawang.

Sutarmidji tak merasa heran atas pencapaian yang diraih Kota Singkawang. Pasalnya Kota Singkawang diketahui sudah beberapa kali dinobatkan sebagai kota tertoleran.

“Tahun ini Singkawang berhasil mengalahkan Kota Salatiga. Saya ucapkan selamat, terus jaga keharmonisan antar etnis, agama dan budaya,” kata Sutarmidji saat diwawancarai di Pendopo Gubernur Kalbar, Jumat, 1 April 2022.

Sutarmidji mengajak masyarakat Kalbar tidak hanya di Singkawang untuk terus bersama-sama menjaga keharmonisan, saling menghormati perbedaan dalam bingkai kebersamaan.

Baca Juga :  Sutarmidji Apresiasi Kinerja ASN Pemkot Pontianak Luar Biasa

“Karena kebersamaan itu lebih baik dan lebih nyaman serta lebih memudahkan kita dalam membangun Kalbar,” kata Sutarmidji.

“Mudah-mudahan kita terus harmonis dan sebagai Gubernur saya bersama Pak Wakil Gubernur akan berlaku sama terhadap seluruh masyarakat Kalbar,” pungkas Sutarmidji.

Diberitakan sebelumnya, Kota Singkawang kembali meraih peringkat pertama sebagai Kota Tertoleran berdasarkan penilaian Indeks Kota Toleran tahun 2021 yang dilaksanakan Setara Institute.

Kota Singkawang sendiri berhasil mencatatkan skor tertinggi dalam penilaian Indeks Kota Toleran tahun 2021, yaitu 6,483.

Baca Juga :  Perdana Hadir di Event Cap Go Meh Singkawang, Erick Thohir: Inilah Indonesia yang Kita Kenal

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Setara Institute atas penganugerahan ini,” kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Penghargaan tersebut, kata Tjhai Chui Mie, merupakan bukti kerjasama dari semua pihak dalam menjaga toleransi dan keharmonisan hidup beragama antar masyarakat di Kota Singkawang.

“Melalui penghargaan ini, baik pemerintah dan masyarakat diajarkan untuk selalu hidup berdampingan dan harmonis sesuai dengan pengamalan Pancasila yang juga merupakan cita-cita pendiri bangsa kita,” kata Tjhai Chui Mie.

Comment