Tak Kuat Menahan Kepulan Asap, Sejumlah Petugas Pemadam Karhutla di Ketapang Pingsan

KalbarOnline, Ketapang – Sejumlah petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pingsan saat memadamkan api di Jalan Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Selasa 22 Agustus 2023.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Kalimantan Barat, Daniel mengungkapkan, para petugas yang pingsan ini lantaran tak kuat menahan kepulan asap tebal. Terlebih proses pemadaman sudah dilakukan selama beberapa hari dengan jumlah petugas yang terbatas.

Baca Juga :  Banjir Rendam Puluhan Rumah di Jelai Hulu Ketapang, Ketinggian Air Capai 2,5 Meter

“Banyak petugas kita yang pingsan karena pemadaman ini sudah terjadi beberapa hari. Personel kita ini mungkin lelah, kondisi fisik yang sudah tidak kuat apalagi diselimuti oleh asap walaupun sudah menggunakan masker tetap asap ini mengganggu sehingga ada yang pingsan,” ungkap Daniel saat dimintai keterangan, Rabu (23/08/2023).

Kondisi asap yang pekat membuat sejumlah petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pingsan. (Foto: BPBD/Indri)
Kondisi asap yang pekat membuat sejumlah petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pingsan. (Foto: BPBD/Indri)

Daniel meminta kepada personel yang bertugas untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat saat akan melakukan operasi pemadaman api.

Baca Juga :  Siap-siap, Sutarmidji Klaim Sudah Kantongi Daftar Perusahaan Penyebab Kabut Asap

“Kalau memang kondisi kesehatan tidak sehat sebaiknya tidak dilibatkan dalam operasi pemadaman. Kita juga berharap orang-orang yang melakukan operasi pemadaman ini dipastikan harus sehat baru boleh terlibat dalam operasi pemadaman, walaupun memang khusus di BPBD Kabupaten Ketapang personel terbatas dan waktu pemadaman cukup lama,” tegasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment