Bakar Lahan Untuk Berladang, Pemuda di Ketapang Tewas Terpanggang

KalbarOnline, Ketapang – Seorang pemuda berinisial AS (25 tahun), warga Dusun Tanjung Rambut, Desa Harapan Baru, Kecamatan Sungai Laur tewas terpanggang api saat membuka lahan untuk berladang dengan cara dibakar, Senin (21/08/2023) siang.

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian membenarkan peristiwa itu, ia mengatakan kalau korban meninggal dunia lantaran sesak nafas lalu pingsan ketika tengah melakukan aktivitas pembakaran lahan.

“Saat membuka lahan, korban bersama empat orang keluarganya. Mereka berpencar untuk memastikan api tidak merembet ke lahan yang lain, namun tiba-tiba arah angin berubah, membuat korban menghirup kepulan asap, lalu pingsan,” papar Tommy saat konferensi pers di Mapolres Ketapang, Selasa (22/08/2023) sore.

Baca Juga :  Karhutla Nyaris Capai Bangunan Sekolah, Tim Gabungan Pemadam Berjaga Siang Malam

Lebih lanjut, Tommy menyebutkan, kalau korban dinyatakan meninggal di lokasi karhutla, dengan luka bakar hingga 80 persen. Korban ditemukan oleh empat orang keluarganya yang ikut dalam proses pembakaran lahan tersebut.

“Saat ditemukan korban sudah dalam kondisi meninggal dunia,” ungkapnya.

Tommy menambahkan, kalau pihak keluarga telah ikhlas terhadap insiden tersebut dan menolak untuk dilakukan visum. Korban kemudian dibawa ke rumah keluarganya untuk segera dimakamkan.

Baca Juga :  Geger! Warga Sungai Melayu Rayak Temukan Pria Gantung Diri di Pohon Karet

“Namun kami tetap melakukan penyelidikan, jika terpenuhinya dua unsur alat bukti akan dinaikkan menjadi penyidikan,” tegasnya.

Tommy meminta, warga tidak melakukan pembakaran meski dengan kearifan lokal, mengingat kondisi kemarau seperti saat ini yang membuat api mudah meluas.

“Mari sama-sama kita jaga agar tidak ada lagi muncul titik api atau karhutla di Ketapang,” tutupnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment