Gubernur bersama OSO Hadiri Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Sintang

KalbarOnline, Sintang – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menghadiri acara pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sintang masa bakti 2023 – 2027, di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (11/08/2023) malam.

Pelantikan KONI Kabupaten Sintang ini terasa sangat berbeda dan istimewa,  karena dihadiri langsung oleh seorang tokoh nasional asal Kalimantan Barat, yaitu Oesman Sapta Odang atau yang karib disapa OSO.

Mengawali pidatonya, Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan sebuah pantun kepada pengurus KONI yang baru saja dilantik.

“Paling enak menggoreng kentang, lebih enak lagi dimakan dengan sambal terasi, saya ucapkan selamat atas pelantikan KONI Kabupaten Sintang, semoga bisa meningkatkan prestasi”, ucap gubernur sambil tersenyum.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya pengurus KONI Kabupaten Sintang, semoga ketua dan segenap jajaran pengurus KONI Sintang mampu bekerja dengan baik sehingga bisa memajukan olahraga yang ada di Kabupaten Sintang,” harpanya.

Di hadapan seluruh para tamu yang hadir pada malam itu, dirinya menyinggung soal masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar yang akan berakhir pada 5 September mendatang. Untuk itu Sutarmidji menyampaikan permohonan maaf, apabila selama kepemimpinannya masih terdapat kekurangan.

“Saya mohon maaf apabila masih ada janji yang belum ditepati, karena efektifnya kita yang bekerja pada saat ini hanya 3,5 tahun, bahkan hanya 3 tahun, karena 2 tahun kita tidak bisa berbuat apa-apa, ditambah lagi dengan permasalahan Covid-19,” ungkapnya.

Gubernur juga membandingkan dengan waktu dua tahun tersebut–apabila disamakan dengan anggaran–bisa menyelesaikan ruas jalan provinsi sepanjang 120 kilometer.

“Nah, kalau tidak ada covid saya rasa bisa kita selesaikan pembangunan ruas jalan provinsi kurang lebih sepanjang 120 kilometer atau 85 persen,” ujarnya.

Sutarmidji menyampaikan, bahwa harapan untuk menuntaskan pekerjaan jalan provinsi sempat muncul, ketika pemerintah pusat mengumumkan akan membantu daerah melalui Inpres. Namun hal itu pupus lantaran Kalbar dinilai mampu secara fiskal.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Fransiskus Diaan Siapkan Lahan untuk Pembangunan SMA Unggulan di Kapuas Hulu

“Berdasarkan hasil dari penilaian Pusat, kita berharap waktu itu Inpres untuk jalan bisa banyak dapat, karena kita punya tiga perwakilan di Komisi V DPR RI. Tetapi, kita tak banyak dapat karena dianggap fiskal cukup kuat,” ujarnya.

Ia juga menerangkan, bahwasanya di awal menjabat, sempat terdapat kekeliruan dalam menetapkan kondisi jalan di Provinsi Kalbar. Di mana berdasarkan data awal jalan mantap, Provinsi Kalbar sudah mencapai 85 persen, namun setelah diverifikasi ternyata tak sampai 50 persen.

“Artinya, kami harus validasi dulu. Alhamdulillah setelah beberapa tahun berjalan, saat ini kondisi jalan mantap mencapai 70 – 80 persen itu sudah termasuk yang terbaik. Sehingga apabila masih ada orang yang menilai itu dan ini, saya senyum-senyum saja,” ujar orang nomor satu di Kalbar tersebut.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan kata sambutan dalam acara pelantikan pengurus KONI Kabupaten Sintang masa bakti 2023 - 2027, di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (11/08/2023) malam. (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan kata sambutan dalam acara pelantikan pengurus KONI Kabupaten Sintang masa bakti 2023 – 2027, di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (11/08/2023) malam. (Foto: Jauhari)

Diakhir sambutannya, Sutarmidji menuturkan, beberapa capaian pemerintah saat ini dinilai cukup baik dengan beberapa penilaian yang membanggakan, diantaranya di bidang tata kelola pemerintahan, infrastruktur dan sebagainya.

“Dari awal menjabat sebagai gubernur, nilai APBD kota hanya Rp 1,7 triliun. Di akhir masa jabatan saya sebagai gubernur, saya yakin bisa mencapai 3 triliun lebih,” tutup Sutarmidji.

Disaat yang sama, Ketua KONI Kalbar Fachrudin Siregar mengutarakan, bahwa selama hampir dua periode menjabat sebagai ketua KONI, baru kali ini pelantikan pengurus KONI bisa dihadiri seorang tokoh nasional Kalbar, Oesman Sapta Odang.

“Kami merasa bangga dan bersyukur,  pelantikan pengurus KONI kali ini bisa dihadiri langsung oleh tokoh nasional, yaitu Bapak Dr. H. Oesman Sapta Odang, dan mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi kami. Karena tidak pernah selama pelantikan KONI bisa hadir orang-orang besar seperti beliau,” kata Fachrudin Siregar.

Ia menambahkan, bahwa kepengurusan KONI Kabupaten Sintang ini merupakan hasil dari muscab beberapa waktu yang lalu dan akhirnya terpilihlah secara aklamasi Muhammad Chomain Wahab sebagai ketuanya.

Baca Juga :  Kejutan, Ganda Campuran U-19 Sukses Tumbangkan Seniornya di Pelatnas

“Jadi saya ucapkan selamat kepada Saudara Chomain bisa terpilih kembali secara aklamasi untuk periode kedua kalinya,” ujar Fachrudin.

Selanjutnya, Ketua KONI Kabupaten Sintang terpilih Muhammad Chomain Wahab menyampaikan, terpilihnya ia untuk kedua kalinya ini tentu merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan untuk kembali menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Tentu ini menjadi motivasi bagi kami, dengan disaksikan langsung oleh orang-orang penting seperti Bapak Oesman Sapta Odang yang merupakan tokoh nasional dan Bapak Gubernur serta tokoh-tokoh Kalbar lainnya,” ucapnya.

Dirinya juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang atas support dan dukungan karena telah telah membantu dana kegiatan olahraga di Kabupaten  Sintang.

“Ini menjadi catatan bagi kami untuk terus berupaya bekerja dengan serius dalam memajukan Olahraga di bumi Sintang. Kami juga ucapkan terima kasih, berkat dukungan dari Pemkab Sintang yang selalu memperhatikan kegiatan olahraga. Apa yang dipesankan Bapak Bupati akan kami jalankan dengan baik, bahwa untuk mengurus dunia olahraga haru dengan hati dan berani,” papar Chomain.

Sementara itu, tokoh nasional asal Kalbar Oesman Sapta Odang memberikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh jajaran pengurus KONI yang baru saja dilantik, agar mampu bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memajukan dunia olahraga.

“Saya ucapkan selamat kepada ketua KONI dan seluruh jajaran yang baru dan tentu kepada Pemda Sintang yang telah bekerja sama dalam melahirkan pengurus yang berbobot. Dan diharapkan semangat juang dari dunia olahraga ini menjadi pegangan untuk hidup sehat dan berpikiran sehat,” terang OSO. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment