Atlet Sepatu Roda Asal Kalbar Dipastikan Berangkat ke Pra PON

KalbarOnline, Pontianak – Mimpi Irwansyahrul Putra (21 tahun), atlet sepatu roda peraih 4 medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat 2022 untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional atau Pra PON 2024 akhirnya terwujud.

Dirinya hampir saja tidak jadi berangkat ke Padang, Sumatera Barat (Sumbar), untuk mengikuti Pra PON 2024 lantaran terkendala biaya.

Impian Irwansyah untuk mengharumkan nama daerah itu bisa terwujud berkat bantuan yang diberikan oleh Pemprov Kalbar melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar dan masyarakat Kalbar, salah satunya pengusaha muda Alfian Yunantoro.

Alhamdulillah kemarin kan postingan saya viral, lalu banyak yang mau bantu. Saya sangat bersyukur sekali,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu (12/08/2023).

Irwansyahrul Putra (21 tahun), atlet sepatu roda Provinsi Kalbar. (Foto: Indri)
Irwansyahrul Putra (21 tahun), atlet sepatu roda Provinsi Kalbar. (Foto: Indri)

Sebelumnya, Irwansyah mengaku kecewa karena mendapat kabar bahwa ia yang sebelumnya masuk dalam daftar atlet yang dipastikan berangkat ke Pra PON mendadak tidak bisa diberangkatkan karena terkendala dana. Menurut keterangan yang ia peroleh, yang bisa pergi hanya yang bersedia menggunakan dana pribadi.

Baca Juga :  Tiba di Kalbar, Ini Kegiatan Wapres Ma'ruf Amin

“Yang dibiayai cuma pendaftaran, jadi untuk keberangkatan, penginapan dan sebagainya tidak ada. Saya cukup kecewa, lalu saya angkat di media sosial,” ujarnya.

Irwansyah menyampaikan, kalau dirinya telah sering mendapatkan prestasi baik di dalam kota hingga di luar provinsi. 

“Prestasi medali emas di dalam Kota Pontianak lumayan sering. Kalau di luar Kalbar paling tinggi medali perak. Pernah tanding di Malang, Bandung, Bekasi, Bantul dan Medan,” ujarnya.

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari memanah bersama bakal atlet panahan dalam kegiatan Coaching Clinic Sports di Halaman SMPN 10 Pontianak, Selasa (04/04/2023). (Foto: Jauhari)
Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari memanah bersama bakal atlet panahan dalam kegiatan Coaching Clinic Sports di Halaman SMPN 10 Pontianak, Selasa (04/04/2023). (Foto: Jauhari)

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Windy Prihastari yang dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan, bahwa pihaknya telah memberikan bantuan untuk mencukupi kebutuhan Irwansyah selama mengikuti Pra PON di Padang, Sumbar.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Ajak BUMN dan BUMD Jadi Bapak Asuh Cabor, Windy Prihastari: Mekanisme Pembinaan

“Ya, kami sudah memberikan biaya kekurangan yang diperlukan setelah beritanya viral kemarin. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk Irwansyah menghadapi Pra PON,” ucapnya.

Disinggung soal pendanaan dan perhatian Pemprov Kalbar terhadap para atlet, lebih lanjut Windy menjelaskan, kalau pihaknya telah menggelontorkan dana hibah kepada KONI Kalbar sejak Februari 2023, sebesar Rp 6,2 miliar.

“Setiap tahun Pemprov Kalbar melalui Disporapar Provinsi Kalbar sudah memberikan anggaran hibah ke KONI. Dana hibah ini sebanyak Rp 6,2 miliar sudah diserahkan,” tutup Windy. (Indri/Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment