Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat, Kagama Kalbar Gelar Bakti Sosial di Desa Parit Keladi

KalbarOnline, Kubu Raya – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Kalbar bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universits Gadjah Mada menggelar bakti sosial di Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (30/7/2023).

Bakti sosial yang dipimpin langsung oleh Ketua Kagama Kalbar Harisson itu berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis kepada masyarakketiaat.

Harisson yang merupakan seorang dokter itu pun tampak sibuk mengukur tekanan darah masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatannya.

“Kehadiran saya bersama jajaran pengurus Kagama Kalbar ini sesuai dengan amanat dari Pengurus Pusat Kagama agar Kagama bisa terus bermanfaat bagi masyarakat. Makanya hari ini kita adakan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis ini,” kata Harisson.

Harisson yang juga merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar itu mengungkapkan bahwa pemilihan Desa Parit Keladi sebagai tempat pelaksanaan bakti sosial itu merupakan pilihan dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Baca Juga :  Implementasi Perbub Non Tunai Dinilai Berhasil, 17 Desa Siap Menerapkan

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bersama adik-adik mahasiswa UGM yang sedang KKN di sini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Dorong Desa Parit Keladi jadi Desa Mandiri

Sebagai Sekda, Harisson berharap Desa Parit Keladi yang statusnya saat ini merupakan desa maju bisa menjadi desa mandiri. Sebab menurutnya, Desa Parit Keladi memiliki potensi untuk menjadi desa mandiri.

“Saya harap nanti setelah terpilih Kepala Desa Parit Keladi definitif, desa ini bisa menjadi desa mandiri. Setelah itu akan ada reward dari Bapak Gubernur bagi desa mandiri berupa motor trail untuk operasional desa,” pungkasnya.

Pj Kades Parit Keladi Suadi mengucap syukur desa yang dipimpinnya itu terpilih menjadi tempat pelaksanaan bakti sosial tersebut.

“Alhamdulillah pagi hari ini Bapak Sekda dan Ibu Kadisporapar bersama rombongan Kagama Kalbar telah sudi untuk datang di Desa Parit Keladi dalam rangka pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis yang dilaksanakan mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan KKN,” ucapnya.

Baca Juga :  Hadiri Natal di PGID, Wabup Sujiwo : Lawan Prilaku Intoleransi
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Windy Prihastari saat berbincang dengan masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatannya dalam bakti sosial Kagama Kalbar di Desa Parit Keladi
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Windy Prihastari saat berbincang dengan masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatannya dalam bakti sosial Kagama Kalbar di Desa Parit Keladi (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Dalam kesempatan itu Suadi mengungkapkan bahwa Desa Parit Keladi merupakan desa yang baru dimekarkan dari desa induk Sungai Kakap. Usianya pun, kata dia, belum genap setahun.

“Oktober nanti, kami akan melaksanakan Pilkades yang pertama. Sebagai desa baru kami mohon arahan dari Bapak Sekda agar desa kami yang statusnya desa maju, mungkin nanti setelah terpilih kades definitif bisa mandiri. Agar perkonomian masyarakat bisa semakin maju,” pungkasnya.

Ratijan (64), warga Desa Parit Keladi mengaku senang bakti sosial Kagama Kalbar diadakan di desanya. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat setempat.

“Terima kasih kepada Kagama dan mahasiswa KKN UGM yang telah melaksanakan bakti sosial di desa kami. Kebetulan pelaksanaannya juga di hari libur sehingga masyarakat bisa datang memeriksakan diri,” kata Ratijan. (Jau/KalbarOnline)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment