Hadiri Apel Besar Satkamling, Sekda Kalbar: Keamanan Membawa Aura Positif Bagi Pembangunan

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Barat, Suherman menghadiri Apel Besar Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Rabu (21/06/2023).

Apel besar satkamling ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto. Dalam kesempatan itu, Kapolda Pipit membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi satkamling, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas secara swakarsa,” ungkap Kapolda Kalbar.

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi masyarakat.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Hadiri Grand Opening Grand Hotel Alimoer Kubu Raya

Untuk itu, lanjutnya, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan, yang ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-27 yaitu peningkatan peran aktif PAM Swakarsa di lingkungan  atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan PAM Swakarsa.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling dan segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya,” ujarnya.

Kapolri berpesan, kepada awak satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisial yang diberikan tersebut merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga.

Baca Juga :  Wali Kota Pontianak Apresiasi Dunia Usaha Peduli Lingkungan Lewat CSR

“Karena kehadiran satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Sekda Kalbar, Harisson berharap agar semua lini ikut berpartisipasi dalam menjaga kondusifitas di wilayahnya demi terciptanya keamanan dan kenyamanan.

“Satkamling ini penting, ini tumbuh dari kesadaran masyarakat untuk turut serta bahu-membahu dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya.

Dengan adanya satkamling ini, kata Harisson, akan tumbuh rasa memiliki sehingga timbul itikad baik bersama untuk saling menjaga satu dengan lainnya. 

“Lingkungan yang aman menghadirkan kondusivitas, ini berpengaruh bagi kemaslahatan bersama, bahkan membawa aura positif bagi pembangunan,” ungkap Harisson. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment