Kalbar Tuan Rumah Rakernas ke-II IKA-PMII, Presiden Dijadwalkan Hadir

KalbarOnline, Pontianak – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-II Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Adapun Rakernas yang mengangkat tema “Urgensi dan Kompetensi SDM Aswaja Untuk Peradaban Bangsa” itu bakal digelar pada 26 – 28 Mei 2023 mendatang.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas II IKA-PMII, sekaligus Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) IKA-PMII Kalbar, Suib mengungkapkan, terkait rencana kehadiran presiden secara fisik pada acara tersebut, sampai kemarin memang masih bersifat tentatif. Tapi yang pasti menurutnya, presiden bakal memberikan sambutan atau pidato dalam rakernas itu, karena salinan pidato presiden sudah diterima oleh Pengurus Besar (PB) IKA-PMII.

“Beliau (presiden) melalui staf kepresidenan sudah memberikan jawaban, dan PB IKA-PMII sudah menerima konsep kata sambutan presiden. Apakah itu nanti beliau hadir langsung atau melalui virtual atau sebagainya, kami belum bisa pastikan. Tapi yang jelas persiapan sambutan beliau sudah sampai kepada PB IKA-PMII,” ujar Suib saat memberikan keterangan pers di Hotel Mahkota, Senin (22/05/2023).

Dan yang jelas lanjut dia, pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan untuk menyambut kedatangan presiden. Jika memang, orang nomor satu di Indonesia itu bakal hadir langsung ke Kalbar. Selain presiden, para pejabat setingkat menteri juga dijadwalkan bakal hadir, seperti diantaranya, Menteri Agama, Menko, Kepala Densus 88 dan lainnya.

Baca Juga :  Jokowi Teken Perpres Pengadaan Vaksin Covid-19

“Mereka rencananya akan mengisi acara panel diskusi yang dimulai dari 26 Mei 2023. Kita lihat nanti presiden apakah hadir langsung atau diwakili, yang jelas sambutan beliau sudah dikirimkan ke kita dalam bentuk teks dan video,” kata Suib lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas II IKA PMII Jipridin menjelaskan, rakernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi kedua di bawah Musyawarah Nasional (Munas). Biasanya, kata dia, rakernas dilaksanakan paling minimal satu kali dalam satu periode.

“Kebetulan tahun ini Kalbar mendapat kepercayaan dari PB IKA-PMII. Adapun rangkaian acaranya di antaranya rakernas itu sendiri yang merupakan acara internal kegiatan PW IKA-PMII se-Indonesia,” ungkapnya.

Dalam rangkaian rakernas tersebut lanjut dia, juga diisi dengan berbagai kegiatan yang rencananya akan dihadiri oleh presiden. Kemudian untuk kegiatan lainnya akan diisi dengan panel diskusi, dengan narasumber para pejabat setingkat menteri, atau lembaga setingkat kementerian.

“Lalu ada acara tambahan seperti jalan sehat, Insya Allah akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023 dan rencananya akan diikuti Bapak Presiden Joko Widodo di Alun-Alun Kapuas. Kami menyediakan doorprize dan sebagainya, mudah-mudahan masyarakat Kalbar, terutama kader dan simpatisan PMII bisa hadir,” harapnya.

Baca Juga :  BPOM Minta Suntik Vaksin Covid-19 Pada Lansia Harus Hati-Hati

Terkait tema rakernas ini, menurut Jipridin, PB IKA-PMII memandang perlu tentang bagaimana membumikan nilai keaswajaan.

“Sehingga moral, nilai, akhlak bangsa ini bisa tertata jauh lebih baik lagi. Terutama moral dan akhlak kepemimpinan bangsa,” katanya.

“Apalagi kita tahu bahwa tahun 2024 nanti merupakan tahun politik, sehingga nilai-nilai inilah yang ingin ditawarkan oleh PB IKA-PMII dan PW IKA-PMII se-Indonesia, kepada mereka-mereka yang Insya Allah diberikan amanah dalam kepemimpinan Indonesia ke depan,” pungkas Jipridin.

Sementara itu, salah satu anggota Steering Committee, Zainuddin menambahkan, rakernas ini digelar juga dalam rangka konsolidasi organisasi. Sebagai organisasi besar yang mencakup seluruh wilayah di Indonesia, IKA-PMII menurutnya punya potensi besar untuk berbakti kepada bangsa.

“Sehingga dengan tema yang diangkat dalam rakernas, kami ingin bahwa kontribusi kami harus semakin nyata, semakin besar, semakin dirasakan oleh bangsa. Menurut kami ini salah satu agenda strategis yang dilangsungkan di Kalbar, di mana PW IKA-PMII Kalbar diberikan kepercayaan penuh sebagai tuan rumah,” tutupnya. (Jau)

Comment