Hadiri Peringatan 43 Tahun Dekranas di Medan, Ini Harapan Lismaryani

KalbarOnline, Medan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani menghadiri penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 43 di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel dan Convention, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (16/05/2023).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peresmian Pelatihan Wira Usaha Baru Dekranas Tahun 2023 dan Pameran Dekranas seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Lapangan Benteng Medan, oleh Ibu Negara RI, Iriana dengan didampingi Ketua Umum Dekranas, Wury dan dihadiri dekranasda provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutan Ketua Umum Dekranas, disampaikan, bahwa di usia dekranas yang ke 43 tahun merupakan perjalanan panjang yang telah dilalui dekranas dalam mengangkat potensi kerajinan nasional dan telah banyak upaya dekranas untuk mewujudkan misinya sebagai lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia sejak berdirinya pada tanggal 3 Maret 1980.

Baca Juga :  978 Dokter Residen Positif Covid-19

“Saya berharap dekranas dapat semakin produktif serta semakin besar peran dan pengabdiannya untuk para pengrajin, masyarakat Bangsa dan Negara tercinta Indonesia,” ungkapnya.

Seperti diketahui, bahwa saat ini berbagai program kerja maupun kegiatan yang telah dilakukan dekranas maupun dekranasda telah didedikasikan untuk lebih mengangkat kesejahteraan para pengrajin.

“Program tersebut diharapkan dapat dijalankan secara berkesinambungan sehingga pengrajin kita semakin berdaya saing dan produk-produk kerajinan Nusantara berbasis warisan tradisi dan budaya bangsa semakin diminati masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani berharap di Hari Ulang Tahun Dekranas ke 43, untuk para pengrajin yang ada di Kalimantan Barat dapat berinovasi, sehingga kerajinan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan bagi masyarakat dan berdampak pada kemajuan pengrajin.

Baca Juga :  Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Lebarkan Akses Jalan Pelabuhan Internasional di Mempawah

“Sebagai ketua dekranasda saya berharap pengrajin yang ada di Kalimantan Barat bisa memajukan hasil kerajinan sesuai dengan tema yang diangkat pada HUT ke 43 Dekranas yakni ‘Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya’,” terangnya.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 43 Dewan Kerajinan Nasional, semoga dekranasda dapat mengangkat potensi kerajinan,” harapnya.

Sebagai informasi, Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat turut menampilkan hasil produk unggulan kerajinan asli dari Provinsi Kalimantan Barat, yakni kain tenun songket, kain tenun sidan, kain tenun ikat, anyaman rotan dan lainnya. (Jau)

Comment