Rayakan Ulang Tahun ke-61, Sutarmidji Luncurkan Buku “Tunaikan Janji-Persembahkan Prestasi”

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 – 2023, Sutarmidji menggelar syukuran ulang tahun yang ke-61, di rumah pribadinya, pada Rabu (29/11/2023).

Momen tersebut dihadiri sejumlah kalangan, mulai dari masyarakat, para tokoh, hingga ASN dan pejabat. Satu per satu para tamu datang memberikan ucapan selamat kepada Sutarmidji.

Acara syukuran itu dimulai dengan pembacaan doa bersama yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta kue ulang tahun, dan ditutup dengan makan bersama.

Dalam momen tersebut, Sutarmidji tampak didampingi orang-orang terdekatnya, mulai sang istri, Lismaryani, anak-anak serta dan cucunya. Suasana begitu hangat dan penuh kekeluargaan.

Dalam ulang tahunnya kali ini, Sutarmidji juga sekaligus meluncurkan sebuah buku biografi berjudul “Bang Midji, Membangun Kalbar Baru, Tunaikan Janji-Persembahkan Prestasi”.

Buku tersebut juga dipersembahkan kepada para tamu yang hadir. Para tamu sangat senang dan antusias untuk meminta Sutarmidji membubuhkan tanda tangannya.

“Saya berterima kasih kepada keluarga, seluruh kolega, teman, dan lain sebagainya, karena di hari ulang tahun ke-61 ini, suasananya, bahkan saya melihat lebih ramai dari ketika masih bertugas (menjabat),” kata Sutarmidji.

Gubernur Kalbar periode 2018 - 2023, Sutarmidji memberikan potongan tumpeng kepada Pj Gubernur Kalbar, Harisson dalam momen syukuran ulang tahun yang ke-61, di rumah pribadinya, Rabu (29/11/2023). (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023, Sutarmidji memberikan potongan tumpeng kepada Pj Gubernur Kalbar, Harisson dalam momen syukuran ulang tahun yang ke-61, di rumah pribadinya, Rabu (29/11/2023). (Foto: Jauhari)

Dirinya mengaku, kendati tak lagi berada di dalam pemerintahan, namun dirinya tetap mengikuti perkembangan yang ada. Ia pun senang, bahwa Pj Gubernur Kalbar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca Juga :  Pengen Ngomong Empat Mata, Presiden Minta Pulang Semobil dengan Pj Gubernur Harisson

“Yang jelas saya tetap mengikuti hiruk pikuk dunia politik, pemerintahan dan lain sebagainya. Saya lihat semuanya masih berjalan dengan baik, Pak Pj Gubernur bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, dan itu karena kerjasama seluruh jajaran pemprov serta masyarakat yang baik. Sehingga target-target, capaian, saya melihat masih berjalan sebagaimana yang direncanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar, Harisson yang turut hadir di momen spesial tersebut menyampaikan, Sutarmidji merupakan figur pemimpin yang ideal. Sebagai mantan bawahan, Harisson melihat Sutarmidji merupakan sosok yang detail dan jelas dalam memberikan perintah serta arahan kepada para bawahannya.

“Jadi setiap perintah beliau (Sutarmidji) kalau kita lakukan, tindak lanjuti, itu beliau akan monitor secara detail. Itu salah satu kelebihan beliau memperhatikan sampai ke hal-hal sekecil-kecilnya,” kata Harisson.

Tak hanya itu, menurut Harisson, selama menjabat gubernur, Sutarmidji selalu efektif dalam penggunaan anggaran. Sutarmidji piawai dalam memposisikan anggaran sesuai skala prioritas, sehingga pemerintahan mampu mengejar sejumlah target-target yang diinginkan bagi masyarakatnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Apresiasi Program Peningkatan Kapasitas Petani oleh Bank Indonesia

“Seperti mengurangi belanja pegawai dan memperbanyak penganggaran untuk hal-hal yang menyentuh masyarakat secara langsung, yang membawa manfaat besar untuk masyarakat beliau pasti setujui,” tutur harisson.

Gubernur Kalbar periode 2018 - 2023, Sutarmidji memberikan potongan tumpeng kepada Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy prihastari dalam momen syukuran ulang tahun yang ke-61, di rumah pribadinya, Rabu (29/11/2023). (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023, Sutarmidji memberikan potongan tumpeng kepada Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy prihastari dalam momen syukuran ulang tahun yang ke-61, di rumah pribadinya, Rabu (29/11/2023). (Foto: Jauhari)

Sementata itu, Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari yang hadir mendampingi Harisson turut mengucapkan selamat kepada Sutarmidji.

“Saya ucapkan selamat bertambah usia kepada Pak Sutarmidji. Semoga apa yang dicita-citakan beliau dapat terwujud,” ucapnya.

Windy juga mengakui, kalau bahwa sosok mantan pimpinannya itu merupakan orang memiliki kemampuan manajerial yang baik.

“Betul apa yang disampaikan Bapak Pj Gubernur, bahwa Pak Sutarmidji ini sangat detail dalam setiap pekerjaan. Apa yang dilakukan anak buah selalu diperhatikan beliau, sekecil apapun,” katanya.

Windy yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar itu menyampaikan, Sutarmidji juga sangat memperhatikan kedisiplinan pegawai. Gaya kepemimpinan Sutarmidji dalam membangun budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai Windy sangat tegas dan terukur.

“Dan terbukti, Pemerintah Provinsi Kalbar berhasil mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari Kementerian PAN-RB,” sebutnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment