Resmi Jabat Pangdam XII Tanjungpura, Ini Profil Singkat Iwan Setiawan

KalbarOnline, Jakarta – Mayjen TNI Iwan Setiawan resmi menjabat Panglima Kodam (Pangdam) XII Tanjungpura melalui upacara serah terima jabatan di Aula Jenderal Besar AH Nasution, Mabes TNI AD, Jakarta, Jumat (28/04/2023).

Sertijab antara Mayjen TNI Iwan Setiawan yang merupakan Mantan Danjen Kopassus dengan Mayjen TNI Sulaiman Agusto itu dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad),Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Untuk selanjutnya, Sulaiman Agusto akan menduduki jabatan baru sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag.

Seremonial sertijab pangdam ini juga dirangkai dengan sertijab Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah XII/Tpr, dari Helly Sulaiman Agusto kepada Betty Iwan Setiawan.

Dalam kesempatan ini, Kasad Dudung menegaskan, bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi guna penyegaran pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karir bagi perwira yang bersangkutan.

Baca Juga :  Kunjungi Polres Ketapang, Pangdam Tanjungpura Disambut Yel-yel Pasukan TNI-Polri

“Pergantian jabatan seperti ini juga dilakukan guna menghadapi tuntutan dan tantangan tugas yang terus berkembang, seiring dengan perubahan lingkungan strategis yang dinamis, cepat dan sering tidak terprediksi,” ucapnya.

Mayjen TNI Iwan Setiawan (kiri) foto bersama Mayjen TNI Sulaiman Agusto. (Foto: Istimewa)
Mayjen TNI Iwan Setiawan (kiri) foto bersama Mayjen TNI Sulaiman Agusto. (Foto: Istimewa)

Profil Singkat

Mayjen TNI Iwan Setiawan merupakan sosok prajurit yang berprestasi, dalam sepuluh tahun terakhir, saat berpangkat Letnan Kolonel pada 2010 sampai 2011 Iwan menjabat sebagai Wadan Grup 2/Parako Kopassus dan Wadanpusdikpassus pada 2011 sampai 2012.

Kemudian setelah naik pangkat jadi Kolonel, pada 2012, ia dipercaya sebagai Danbrigif 22/Ota Manasa hingga 2013.

Selanjutnya pada 2013 hingga 2014, pria kelahiran 15 Februari 1968 ini diangkat menjadi Asops Kasdam IV/Diponegoro. Kemudian lanjut menjabat sebagai Danpusdikpas­sus pada 2014 hingga 2015.

Baca Juga :  Malaysia Harus Tangkap Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya

Iwan juga pernah menjabat Danrindam Jaya dari 2015 hingga 2016. Kemudian dimutasi dan ditunjuk jadi Danrem 052/Wijayakrama hingga 2018. Setelah itu dia menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad sampai 2020.

Setelah naik pangkat Brigadir Jenderal, Iwan menduduki jabatan sebagai Danrem 173/PVB pada 2020. Kemudian pada 2021 dipercaya jadi Waaslat Kasad Bidang Kermamil hingga 2022.

Pada 2022, Alumni Akmil 1992 ini naik pangkat jadi Mayor Jenderal dan mengemban tugas sebagai Danjen Kopassus yang dijabatnya hingga akhir Maret lalu. Selanjutnya, pada hari ini, Jumat 28 April 2023, ia resmi mengemban amanah sebagai Pangdam XII/Tanjungpura. (Jau)

Comment