Finish Kurang dari 5 Detik, Atlet Panjat Tebing asal Pontianak Pecahkan Rekor Dunia

KalbarOnline, Jakarta – Atlet panjat tebing asal Kota Pontianak, Provinsi Kalbar, Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil memecahkan rekor dunia atas keberhasilannya yang mampu mencapai finish kurang dari 5 detik atau 4,98 detik dalam kejuaraan dunia panjat tebing IFSC Climbing World Cup 2023 pada kategori speed seri pertama putaran kualifikasi di Seoul, Korea Selatan.

Dilansir dari laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), dengan perolehan waktu tersebut, maka Veddriq Leonardo menjadi satu-satunya atlet panjat tebing di dunia yang mencatatkan waktu kurang dari 5 detik.

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid mengucapkan puji syukur atas capaian tersebut. Menurutnya, pecahnya rekor baru tersebut merupakan hadiah lebaran yang luar biasa.

“Puji syukur kita ucapkan karena atlet kita berhasil memecahkan rekor dunia kembali. Ini tentu berkat doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Buat saya pribadi sebagai Ketum Federasi Panjat Tebing, ini seperti hadiah lebaran yang luar biasa,” ucapnya melalui laman FPTI, dilihat pada Jumat (28/04/2023).

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Hadiri Apel Pelepasan Tim Survei Identifikasi Titik Perlintasan Perbatasan Negara

Dijelaskan pihak FPTI, bahwa pada putaran kualifikasi ini tim Indonesia meloloskan beberapa atlet dalam kategori speed putra, diantaranya Veddriq Leonardo, Rahmad Adi Mulyono dan Aspar Jaelolo.

Sementara itu untuk kategori speed putri, ada Desak Made Rita dan Rajiah Sallsabilah yang sama-sama lolos ke putaran selanjutnya.

Diketahui, Tim Nasional Panjat Tebing Indonesia mengirimkan 9 atletnya untuk mengikuti kejuaraan dunia panjat tebing IFSC World Climbing Cup Cup Seoul 2023, yang terdiri dari 6 atlet speed putra dan 3 atlet speed putri.

Sebagaimana dikutip dari situs Antara, Kiromal Katibin adalah atlet pertama yang mencatatkan waktu terbaik di dunia dengan 5,25 detik saat tampil di IFSC World Cup di Salt Lake City, Amerika Serikat pada 28 Mei 2021. Hasil tersebut menggusur pemegang rekor sebelumnya Reza Alipour Shenazandifard dari Iran dengan 5,48 detik yang bertahan sejak 2017.

Sejak itu, dua wakil Indonesia mendominasi dalam perebutan rekor dunia yakni antara Veddriq dan Kiromal Katibin.

Baca Juga :  Diplomat Korut Membelot ke Korsel, Keselamatan Putrinya Terancam

Berikut catatan rekor dunia pada nomor speed putra:

28 April 2023 – Veddriq Leonardo (4,98 detik) – IFSC World Cup di Seoul, Korea Selatan

22 Juli 2022 – Kiromal Katibin (5,00 detik) – IFSC World Cup di Chamonix, Prancis

30 Juni 2022 – Kiromal Katibin (5,04 detik) – IFSC World Cup di Villars, Swiss

30 Juni 2022 – Kiromal Katibin (5,09 detik) – IFSC World Cup di Villars, Swiss

21 Mei 2022 – Kiromal Katibin (5,10 detik) – IFSC World Cup di Salt Lake City, AS

6 Mei 2022 – Kiromal Katibin (5,17 detik) – IFSC World Cup Seoul, Korea Selatan

28 Mei 2021 – Veddriq Leonardo (5,20 detik) – IFSC World Cup di Salt Lake City, AS

28 Mei 2021 – Kiromal Katibin (5,48 detik) – IFSC World Cup di Salt Lake City, AS

Comment