128 Stand Ekraf Ramaikan “Kampong Ramadan” di Taman Alun Kapuas, Berhadiah Umroh dan Motor

KalbarOnline, Pontianak – Berbagai macam hiburan dan kuliner disuguhkan pada gelaran “Kampong Ramadan Kreatif” di Taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman. Kegiatan yang digelar mulai tanggal 2 hingga 16 April 2023 ini diikuti sebanyak 128 stand.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono seusai meresmikan Kampong Ramadan Kreatif, Minggu (02/04/2023), berharap, kegiatan tersebut mampu membuka peluang bagi pelaku UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia juga turut mengajak masyarakat untuk mendatangi lokasi kegiatan dan menikmati indahnya Sungai Kapuas dari Taman Alun Kapuas.

“Pontianak kota perdagangan dan jasa. Wisata kita adalah hiburan dan makanan. Semoga acara ini memicu meningkatnya sektor ekonomi kreatif,” sebutnya.

Ia menyampaikan, bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat berharga bagi umat muslim. Terlebih karena populasi muslim di Kota Pontianak yang tinggi, membuat bulan suci selalu memiliki makna kepada masyarakatnya.

Baca Juga :  Resmikan Proyek Pembangunan di Lebuk Lantang, Ini Kata Bupati Jarot

Edi pun menyebut, kolaborasi antar instansi mencerminkan Ramadhan yang penuh keakraban. Terbukti dengan terselenggaranya Kampong Ramadan kali ini.

“Kegiatan ini diselenggarakan atas kolaborasi dari berbagai instansi. Kita bersama-sama memeriahkan dan mewarnai Ramadhan bagi warga Kota Pontianak,” ujarnya setelah mengelilingi semua stand yang ada.

Salah satu unggulan yang menjadi pembeda dari Kampong Ramadan sebelumnya adalah banyaknya suguhan hiburan. Mulai dari kultum, shalat Tarawih berjemaah, hiburan, perlombaan dan acara menarik lainnya yang bernuansa islami. Selain itu pula penataannya lebih rapi dengan pemandangan Sungai Kapuas.

“Semuanya bernuansa islami. Kampong Ramadan terdapat di beberapa titik. Nanti kita coba di enam kecamatan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Hadiri Musrenbang Pontianak Selatan, Sutarmidji Pesankan ASN Jangan Buat ‘Penyaket’

Sementara itu, Ketua Panitia Kampong Ramadan Kreatif, Harry Ronaldi menuturkan, Kampong Ramadan Kreatif ini digelar dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan dengan melibatkan para pelaku UMKM serta insan kreatif di Kota Pontianak.

“Kami berharap Kampong Ramada Kreatif ini menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya maupun insan kreatif yang ingin menampilkan kreativitasnya,” katanya.

Harry menambahkan, Kampong Ramadan Kreatif ini tidak hanya menjual berbagai kuliner dan produk UMKM, tetapi juga menyuguhkan hiburan dan perlombaan yang bernuansa religi sesuai dengan tema menyemarakkan Ramadhan 1444 Hijriyah.

“Tak kalah menariknya, ada doorprize berupa umrah dan sepeda motor serta berbagai hadiah menarik lainnya bagi pengunjung yang beruntung,” tutupnya. (Jau)

Comment