Pemkab Ketapang Luncurkan Program GAS untuk Anak Putus Sekolah

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang, meluncurkan program Gerakan Ayo Sekolah (GAS) di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (14/12/2022). Gerakan pendidikan ini ditujukan pada anak usia sekolah untuk mengurangi angka anak putus sekolah di daerah itu.

“Tujuan dari Gerakan Ayo Sekolah ini  adalah untuk  meningkatkan pendidikan atau indeks pembangunan manusia di Ketapang. Kegiatan ini didukung Dinas Pendidikan Provinsi dan pihak lain yang tidak mengikat,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Maryadi Asmu’ie.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Raih Gelar Juara Stand Terbaik di Ajang Apkasi Otonomi Expo 2023

Menurutnya, dengan adanya program ini, maka pihaknya dapat mendata apa yang menjadi persoalan anak putus sekolah selama ini.

“Mungkin penyebabnya karena masalah ekonomi keluarga atau persoalan lainnya. Permasalahan yang dihadapi anak-anak yang putus sekolah di daerah ini akan menjadi perhatian,” ungkapnya.

Menurut dia, perhatian untuk mencegah anak putus sekolah tidak hanya tugas dari pemerintah, tetapi juga unsur masyarakat dan swasta sehingga menjadi suatu gerakan bersama.

“Makanya kita mengajak pihak swasta seperti perusahaan yang cukup banyak ada di Ketapang ini agar dapat membantu  supaya anak-anak di Ketapang tetap bersekolah,” tuturnya.

Baca Juga :  Staf Ahli Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-66 Pemprov Kalbar

Ia menambahkan, masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa tidak sekolah juga bisa menjadi kaya. Pemahaman seperti itu seharusnya tidak ada lagi pada zaman kini karena pendidikan merupakan kunci bagi si anak untuk maju.

 “Menjadi kaya karena bersekolah atau tidak  merupakan  persoalan lain. Prinsipnya pendidikan merupakan kebutuhan bagi siapa saja khususnya anak usia sekolah,” tutupnya. (Adi LC)

Comment