Staf Ahli Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-66 Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar Apel Peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun 2023, pada Sabtu (28/01/2023), di halaman Kantor Bupati Ketapang.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Maryadi Asmu’ei yang bertindak sebagai inspektur upacara dan juga membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Sedangkan sebagai komandan upacara, yakni Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Ketapang, Anwar, dan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang serta pembacaan Sejarah Pembentukan Provinsi Kalimantan Barat oleh Kepala Dinas Pendidikan Ketapang.

Gubernur Kalimantan Barat dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Ketapang mengatakan, bahwa memasuki usia Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun ini, pelaksanaan pembangunan di provinsi Kalimantan Barat terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Ketapang Bakal Terapkan Konsep Smart City

“Kemajuan tersebut dapat dilihat dari capaian desa mandiri, di mana pada tahun 2018 silam hanya terdapat 1 desa mandiri di Provinsi Kalimantan Barat yang selanjutnya meningkat signifikan menjadi 586 desa mandiri pada tahun 2022,” ujarnya.

“Keberhasilan tersebut juga diikuti dengan keberhasilan Provinsi Kalimantan Barat dalam mengentaskan status desa sangat tertinggal,” tambah gubermur melalui Maryadi.

Foto bersama peserta upacara Peringatan HUT Pemprov Kalbar ke-66 tahun 2023, Pemkab Ketapang. (Foto: Adi LC)
Foto bersama peserta upacara Peringatan HUT Pemprov Kalbar ke-66 tahun 2023, Pemkab Ketapang. (Foto: Adi LC)

Selanjutnya disampaikan, bahwa Provinsi Kalimantan barat terus bergerak maju dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini dapat dilihat pada capaian Indeks Pembangunan Manusia IPM) yang kembali meningkat menjadi 68,63%, dengan laju pertumbuhan sebesar 1,08%.

Laju pertumbuhan IPM Kalimantan Barat tersebut, sambungnya, merupakan laju pertumbuhan IPM tertinggi ke empat  secara nasional dan lebih tinggi dari laju pertumbuhan IPM nasional.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Hari Jadi Pemprov ke-66

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan menciptakan generasi-generasi yang cerdas, sehat, produktif, dan inovatif,” ujar gubernur dalam sambutannya.

“Kita berharap segala upaya yang telah dan akan kita laksanakan, membawa Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini semakin maju di masa yang akan datang,” tutupnya.

Peringatan HUT Pemprov Kalbar ke-66 dengan tema “Kalbar Maju Lingkungan Hidup Lestari Dalam Keberagaman” di Kabupaten Ketapang dilaksanakan secara sederhana dan penuh khidmat dengan memakai baju adat nusantara.

Turut hadir Forkopimda Ketapang, para Kepala OPD, Para Kabag, ASN, organisasi masyarakat, mahasiswa dan undangan lainnya. (Adi LC)

Comment