268 Danau di Kapuas Hulu Bakal Dinormalisasi 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus bersama Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat dan Kasatker OP Sumber Daya Air Kalimantan 1, melakukan peninjauan langsung kegiatan normalisasi danau di sekitaran Putussibau.

Bupati Kabupaten Kapuas Hulu menyebutkan terdapat 268 danau yang akan dilakukan normalisasi, diantaranya Danau Nek Aon, Danau Sinau, Danau Banin, Danau di jalan Dogom.

Baca Juga :  Program TKSK - PKH Harus Transparan dan Tepat Sasaran

“(Total) ada 268 danau di Kapuas Hulu yang perlu dilakukan normalisasi dari pendangkalan, ini akan dimulai penangannya tahun depan. Keseluruhan danau ini diluar Danau Sentarum,” katanya.

Kementerian PUPR menyediakan lima buah excavator amfibi buatan PT Pindad Indonesia untuk melakukan pengerukan dan normalisasi danau di Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Istimewa)
Kementerian PUPR menyediakan lima buah excavator amfibi buatan PT Pindad Indonesia untuk melakukan pengerukan dan normalisasi danau di Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut ia menyampaikan, danau-danau yang terjadi pendangkalan diharapkan selain bisa menampung air kedepannya.

“Danau-danau itu bisa menjadi habitat baru ikan dan jadi lumbung rejeki bagi nelayan Kapuas Hulu,” kata Bupati Fransiskus.

Baca Juga :  Minta Program OPD Sesuai Visi Misi Kepala Daerah, Ini Penjelasan Bupati Nasir

Menurut data informasi yang diterima media ini, bahwa anggaran untuk normalisasi danau di Kabupaten Kapuas Hulu senilai Rp 10 miliar yang bersumber dari anggaran APBN melalui Kementerian PUPR dengan pola swakelola. 

Untuk melakukan pengerukan dan normalisasi danau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kementerian PUPR menyediakan lima buah excavator amfibi buatan PT Pindad Indonesia. (Ishaq)

Comment