Belum ada Tren Penurunan Kasus, Kadiskes Kalbar: Vaksinasi Covid-19 Mesti Terus Dipercepat

KalbarOnline, PontianakTren kasus konfirmasi Covid-19 di Kalimantan Barat hingga hari ini belum memperlihatkan tren penurunan.

Data terbaru Dinas Kesehatan kasus harian Covid-19 per 12 Maret 2022 terdapat sebanyak 475 kasus, dengan kasus positif aktif sebanyak 5.839 kasus.

Sejatinya angka tersebut terpaut jauh dari angka kasus harian pada 2 Maret 2022 lalu yakni sebanyak 1.005 kasus, namun belum dapat dipastikan tren penurunan.

“Kita pada posisi tingkat penularan yang masih tinggi, di tiga hari terakhir memang ada kecenderungan menurun, tapi ini belum menunjukkan bahwa itu tren menurun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Hary Agung Tjahyadi, Minggu, 13 Maret 2022.

Baca Juga :  AHY Puji Pertumbuhan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 Kalbar

Olehkarena itu, Hary Agung berharap, dengan percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dan protokol kesehatan terus dilaksanakan secara disiplin oleh masyarakat, tren penurunan kasus di Kalbar akan terjadi.

“Kalau dua hal itu tak dilakukan, kita akan lambat (menurun tren penurunan),” kata Hary Agung.

Hary Agung mengatakan, vaksinasi Covid-19 mesti terus dipercepat, sebab 99 persen dari jumlah kematian merupakan orang yang belum divaksin.

Baca Juga :  RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak Berikan Penyuluhan Cegah Penyakit ISPA

“60 persen di antaranya itu lansia dan punya komorbid. Oleh karena itu usia rentan mari kita lindungi dengan vaksin, karena vaksinasi lansia kita masih di bawah 60 persen, kita upayakan lindungi lansia untuk divaksinasi,” kata Hary Agung.

Untuk kasus Covid-19 sembuh di Kalbar hingga tanggal 12 Maret 2022 sebanyak 53.007 kasus atau sebanyak 88.40 persen.

Comment