RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak Berikan Penyuluhan Cegah Penyakit ISPA

KalbarOnline, Pontianak – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) kepada pasien yang berkunjung ke RSUD, Senin (11/09/2023).

Siti Rahima Harahap, penyuluhan ini sebagai upaya mencegah penyakit yang ditimbulkan dari kabut asap. Ia menyebut, edukasi tentang penyakit ISPA kepada pasien dan pengunjung rumah sakit sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan meningkatnya pasien yang menderita penyakit ISPA.

Baca Juga :  Sukses ASI Butuhkan Dukungan Semua Pihak

“Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kabut asap diantaranya adalah mata terasa pedas, batuk, pilek, sesak nafas, demam, penyakit jantung hingga paru-paru,” terangnya.

Menurut Siti, ISPA dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia, ISPA tidak hanya terjadi pada saluran pernapasan atas tetapi juga pada saluran pernafasan bawah.

Baca Juga :  5 Tanda Kamu Punya Rasa Percaya Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

“ISPA dapat dicegah dengan cara membiasakan diri melakukan pola hidup bersih dan sehat, olahraga secara teratur, hindari rokok, hindari stres dan lakukan vaksinasi MMR, influenza maupun pneumonia,” tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment