5 Tanda Kamu Punya Rasa Percaya Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Kamu merasa tidak percaya diri? Well, banyak dari kita yang memiliki perasaan tersebut, terutama jika berada dalam situasi terpuruk. Salah satu penyebabnya, Kamu tumbuh dalam keluarga yang menerapkan cinta bersyarat atau tidak menghargai keberadaan Kamu. “Umumnya, seseorang yang tidak percaya diri karena tumbuh di lingkungan yang tidak membuatnya aman secara emosional,” kata Karol Ward, pakar komunikasi.

Tidak percaya diri merupakan salah satu kesehatan mental yang harus kita sadari sejak dini. Jika tidak, kita akan kehilangan bannyak peluang. Itulah kenapa, kita harus mempelajari tanda kepercayaan diri yang rendah untuk kemudian mengatasinya sebelum menimbulkan masalah. Terlepas dari apa yang membuat Kamu merasa tidak percaya diri, penting untuk memberikan semangat pada diri sendiri. Ingatkan diri sendiri bahwa kita pantas bahagia!

Baca juga: Dibanding Pria, Ini 5 Alasan Wanita Lebih Mudah Merasa Insecure

Tanda Percaya Diri Rendah

Berikut ini adalah tanda percaya diri rendah:

1. Terlalu Positif

OK, berpikir positif itu bagus, walaupun beberapa orang menyembunyikan emosional mereka di balik senyuman. Terkadang, orang berpikir positif untuk terhindar dari konflik atau mengalihkan perhatian mereka dari menangani masalah nyata.

2. Selalu Ingin Hasil yang Sempurna

Perfeksionis atau selalu menginginkan hasil yang sempurna bisa disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri. Seseorang yang tidak pernah merasa puas dengan dirinya sendiri tidak dapat menerima hasil yang mereka peroleh. Dapat terjebak dalam satu tugas untuk waktu yang cukup lama karena berusaha mendapatkan hasil ideal dan sempurna.

3. Sulit Berkata Tidak

Lantaran ingin membuat orang yang Kamu sayangi bahagia dan senang, Kamu tidak pernah menolak permintaannya. Alih-alih bilang tidak, Kamu akan mengiyakannya, walaupun hati kecil Kamu berkata tidak. Jika Kamu adalah orang seperti ini, berlatihlah mengatakan “tidak” pada hal-hal kecil kepada orang yang Kamu sayangi.

Baca Juga :  Cara Mengatur Jadwal Harian Bayi Kembar

Baca juga: Cara Mengatakan ‘Tidak’ Tanpa Merasa Bersalah

4. Tidak Bisa Menerima Masukan

Saat seseorang memberi masukan tentang pekerjaanmu, Kamu akan berpikir kalau mereka tidak menyukaimu secara pribadi, bukan tentang pekerjaan yang sudah Kamu selesaikan. Akibatnya, komunikasi dua arah sulit terjadi. Lain kali, saat seseorang memberikan masukan, cobalah untuk fokus pada informasi tersebut. Dan, pastikan untuk mengucapkan terima kasih saat seseorang memuji Kamu.

5. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap ada kesempatan, Kamu selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu akan berusaha keras untuk mencari orang yang lebih pintar, lebih baik, lebih ramah, lebih sehat, dan sebagainya. Karena itu, jauhkan diri Kamu dari situasi di mana Kamu akan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. So, habiskan lebih sedikit waktu di media sosial dan hindari orang-orang yang secara sengaja atau tidak sadar membuat Kamu merasa tidak percaya diri.

Baca juga: 9 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Cara Memotivasi Diri Sendiri

Ada kalanya, Kamu merasa tidak percaya diri. Dan ternyata, hal tersebut sangatlah normal. Siapa saja, entah itu Kamu atau aktris ternama, pernah berada dalam situasi buruk yang membuat rasa percaya diri mereka menurun. Nah, jika suatu saat percaya diri Kamu rendah, berikan motivasi pada diri sendiri. Inilah beberapa hal yang bisa Kamu katakan untuk memotivasi diri sendiri.

  • Katakan “It’s OK” pada diri sendiri. Bukan masalah jika terkadang, Kamu merasa tidak percaya diri. Ingatkan diri sendiri bahwa tidak masalah jika Kamu sesekali Kamu tidak percaya diri. Izinkan diri Kamu untuk merasakan apa pun yang dirasakan. Dengan begitu, Kamu lebih mudah mengatasi semua masalah yang membuat Kamu sedih dan tidak percaya diri.
  • Percaya bahwa Kamu tidak sendirian. Ingatlah bahwa Kamu tidak sendirian. Ada banyak orang di luar sana yang juga memiliki percaya diri rendah. Maka, jangan pernah menyalahkan diri sendiri jika suatu hari, Kamu merasa tidak percaya diri. Jika pernah berpikir kalau Kamu aneh karena merasa tidak percaya diri, ingatkan diri sendiri bahwa Kamu bukanlah satu-satunya orang yang merasa seperti itu.
  • Katakan “Kamu Cantik” ke diri sendiri. Percaya diri yang rendah sering dikaitkan dengan bentuk tubuh seseorang. Jadi, apabila Kamu merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh, jangan pernah ragu untuk memberikan motivasi. Saat berkaca di depan cermin, jangan lupa untuk bilang, “Halo, Kamu cantik lho! Terima kasih telah bertahan hingga hari ini. Aku sangat bangga pada Kamu lho!” Kalimat tersebut akan membuat Kamu lebih percaya diri.
Baca Juga :  Memasuki Waktu Sekolah dengan PTM Penuh, Kadinkes Kalbar Ingatkan Prokes Serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Baca juga: Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Referensi:

Bright Side. 8 Things That Scream, “I’m Insecure About Myself”

Well+Good. 10 Pro Tips for Overcoming Insecurity and Cultivating Unshakable Confidence

mbg. 10 Signs That Insecurity Is Getting In Your Way + How To Change The Pattern

Bustle. What To Tell Yourself When You’re Feeling Insecure

Comment