KPKNL Fasilitasi Pemasaran Produk Lewat Platform Lelang, Edi Kamtono: Gairahkan Semangat UMKM

KalbarOnline, PontianakGuna membangkitkan semangat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak menyediakan ruang bagi mereka untuk menampilkan produk-produk UMKM di platform https://lelang.go.id.

Dalam website yang dikelola Direktorat Jenderal Kekayaan Negara itu, pelaku UMKM bisa memanfaatkan ruang tersebut untuk memasarkan produk-produknya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyambut baik program yang diinisiasi KPKNL sebagai upaya mendorong UMKM di Kota Pontianak lebih bergairah dan semangat di tengah pandemi Covid-19. Langkah ini juga sebagai bentuk digitalisasi dalam memasarkan produk UMKM.

“Pandemi Covid-19 menjadikan kita semakin solid dan lebih inovatif agar UMKM naik kelas, setidaknya bisa bertahan,” kata Edi Kamtono usai menjadi narasumber podcast membahas langkah-langkah pemulihan ekonomi dengan mendukung UMKM di KPKNL Pontianak, Selasa, 1 Maret 2022.

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengatakan, kondisi UMKM di Kota Pontianak saat ini ada yang masih bertahan, ada yang kian berkembang, namun ada pula yang mengalami kemerosotan.

Baca Juga :  Apresiasi Perayaan Paskah Persekutuan Wanita Kristen se – Kota Sintang, Abdul Syufriadi: Sejalan Dengan Visi Misi Pemkab Sintang

Hal tersebut diakui Edi Kamtono, dipengaruhi banyak faktor. Kendati demikian, Edi Kamtono berharap para pelaku UMKM tetap semangat dalam menghadapi kondisi sekarang ini.

“Kondisi pandemi diharapkan menjadi penyemangat kita untuk terus berusaha dan berinovasi bagaimana supaya sektor UMKM tetap bertahan bahkan semakin berkembang,” kata Edi Kamtono.

Sementara Kepala KPKNL Pontianak, Mokhamad Arif Setyawantika menjelaskan, program yang digagas KPKNL tersebut merupakan bagian dari tugas dan fungsi KPKNL dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait lelang. Program lelang secara nasional bagi UMKM tersebut rencananya akan dimulai tanggal 24 Maret 2022, sambil menunggu pemberitahuan dari pusat.

Baca Juga :  Edi Kamtono Minta Camat dan Lurah Turun ke Lapangan

“Kami sangat bersyukur karena didukung langsung oleh Bapak Wali Kota Pontianak untuk menggerakkan UMKM di Kota Pontianak agar berperan aktif bersama-sama kita pasarkan lelang UMKM-nya,” kata Mokhamad Arif Setyawantika.

Dia menerangkan, untuk proses lelang dimulai dari pengguna jasa terutama pelaku UMKM mendaftarkan diri di KPKNL Pontianak untuk menjadi seller pada lelang UMKM, sehingga produk-produknya akan ditampilkan pada platform https://lelang.go.id. Dengan demikian produk-produk mereka bisa dilihat oleh siapapun di penjuru nusantara.

“Nah, ini akan menguntungkan bagi para pengusaha UMKM karena produknya bisa dilihat oleh seluruh masyarakat. Kami berharap dengan upaya ini kami bisa membantu para pelaku UMKM bisa survive dan tangguh di masa pandemi serta naik kelas,” pungkas Mokhamad Arif Setyawantika. (J)

Comment