Kapuas Hulu Fokus Peningkatan Kualitas Infrastruktur Dasar di 2023

KalbarOnline, Kapuas HuluPemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mulai membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Pembahasan tersebut melalui Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2023 yang mengusung tema ‘peningkatan kualitas perekonomian daerah melalui pembangunan infrastruktur’ yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Rabu, 24 Februari 2022.

Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini mengatakan, Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD adalah wadah bersama, antara pelaku pembangunan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, kualifikasi, dan penyepakatan, terhadap perencanaan pembangunan daerah.

“Sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan kerja pemerintah daerah yang diintegrasikan, dengan program percepatan pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu terwujudnya Kapuas Hulu HEBAT,” kata Sekda Mohd Zaini.

Sekda Mohd Zaini mengatakan, untuk mencapai visi misi kepala daerah, ada beberapa isu strategis pembangunan Kapuas Hulu yang menentukan tujuan perencanaan pembangunan ke depan yakni peningkatan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan, peningkatan kualitas infrastruktur dasar, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Terkait dengan program percepatan pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu. Fokus lintas pembangunan daerah Kapuas Hulu harus menjadi perhatian khusus kita semua,” kata Sekda.

Melalui forum ini, Sekda berharap ada ada masukan dan saran demi percepatan pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu tahun 2021-2026. Ini tentu berfokus pada lintas pembangunan daerah yang telah ditetapkan, tentunya dapat dicapai apabila semua perangkat daerah dapat melakukan sinkronisasi dan sinergitas terhadap berbagai program kegiatan lintas daerah yang telah ditetapkan.

“Sehingga diharapkan bahwa program atau kegiatan yang dilaksanakan tidak berjalan sendiri-sendiri, tapi merupakan bagian kesepakatan dalam rangka percepatan pencapaian visi dan misi Kapuas Hulu HEBAT,” pungkas Sekda Mohd Zaini.

Sementara Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu Ambrosius Sadau mengatakan, rancangan awal RKPD Kapuas Hulu tahun 2023 untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal. Ini tujuannya untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023.

Sadau menjelaskan, diskusi tersebut penting untuk mendapatkan masukan dan saran dari semua peserta konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2023. Dengan begitu diharapkan semakin mempercepat tercapainya visi misi Kapuas Hulu HEBAT.

“Kita tentu ingin kegiatan ini memberi kontribusi yang baik dalam rangka percepatan program dalam mencapai visi misi Kapuas Hulu Hebat,” pungkas Sadau.

Baca Juga :  Satpol PP Kapuas Hulu Amankan 4 Pelajar Bolos Sekolah

Comment