Ihwal Cakupan Vaksinasi Covid-19, Sutarmidji Khawatir Kabupaten dan Kota Merajuk

KalbarOnline, Pontianak – Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berbeda-beda. Bahkan ada persentasenya yang terpaut sangat jauh.

Namun, Gubernur Kalbar Sutarmidji hanya mau menyebutkan Kabupaten dan Kota yang cakupan Vaksinasi Covid-19 sudah atau hampir memenuhi target yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

“Saya sebutkan yang bagus saja, nanti kalau dibilang tak bagus, merajuk pula,” kata Sutarmidji, Selasa 8 Februari 2022.

Adapun cakupan Vaksinasi Covid-19 yang bagus itu, ungka Sutarmidji, di antaranya Kota Pontianak, Kabupaten Kapuas Hulu, Sekadau, Sanggau dan Landak.

“Kubu Raya itu bagus juga, awalnya dosis pertama hanya 45 persen, sekarang sudah di atas 70 persen,” ungkap Sutarmidji.

Ia berharap cakupan Vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Kubu Raya lebih bagus lagi. “Jangan ketika sudah sampai 70 persen Vaksinasi dosis pertama, mulai kendor,” ingat Sutarmidji.

Baca Juga :  Kerap Ditanya Masyarakat “Nyagub” Lagi atau Tidak? Sutarmidji Jawab Begini

Arahan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), kata Sutarmidji, Vaksinasi Covid-19 harus dipercepat dan perketat penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

Baca Juga: Kalbar Terus Percepat Cakupan Vaksinasi Covid-19 Hadapi Puncak Omicron

Baca Juga: Di Posisi Buncit, Wagub Ria Norsan Dorong Mempawah Percepatan Cakupan Vaksinasi Covid-19

“Dua hal ini yang bisa mencegah dan mengurangi keterjangkitan atau penyebaran dan tingkat fatalitasnya,” jelas Sutarmidji.

Ia pun memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar bersama instansi terkait akan mengawal percepatan Vaksinasi Covid-19.

“Insya Allah, kami bersama Kapolda dan Pangdam XII/Tanjungpura akan kawal percepatan Vaksinasi Covid-19,” ucap Sutarmidji.

Baca Juga :  Lepas Keberangkatan CJH Kalbar, Sutarmidji: Semoga Mabrur 

Secara keseluruh, ungkap Sutarmidji, stok untuk kabupaten dan kota di Kalbar mencapai 101 juta vaksin.

“Jadi cukup sekali. Yang mau booster boleh, usia berapapun boleh. Asal sudah dua kali Vaksin dan sudah 6 bulan. Jadi tidak dibatas-batasi lagi,” jelas Sutarmidji.

Saat ini, ungkap Sutarmidji, cakupan Vaksinasi dosis pertama di Kalbar sudah 77 persen. Ditargetkan 80 persen di akhir Februari 2022.  “Insya Allah bisa,” katanya.

Sementara cakupan Vaksinasi dosis kedua masih rendah. Tetapi, kata Sutarmidji, rata-rata di Kalbar sudah di atas 60 persen baik untuk dosis pertama maupun kedua.

“Vaksinasi dosis kedua harus dipercepat, daerah-daerah jangan abai. Vaksin ada, minta berapa aja ada stoknya,” tegas Sutarmidji.(*)

Comment