by

Desa Sungai Ringin Gelar Rakor Evaluasi SDGs

Desa Sungai Ringin Gelar Rakor Evaluasi SDGs

KalbarOnline, SekadauPemerintah Desa Sungai Ringin menggelar rapat evaluasi bersama tim Relawan Pendataan SDGs Desa Sungai Ringin tahun 2021 di kantor desa setempat, Jumat, 17 September.

Dalam rapat itu sekaligus dilakukan penyerahan insentif pendata kepada tim Relawan SDGs yang telah melakukan pendataan ke masyarakat sejak bulan Febuari 2021. Turut hadir Ketua RT/RW dan Kadus di Desa Sungai Ringin.

Kades Sungai Ringin Abdul Hamid mengatakan, dengan rakor tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti persoalan pendataan SDGs Desa Sungai Ringin.

“Jadi kita akan menginput semua data-data yang ada di RT/RW sampai ke dusun. Data itu penting, karena menyangkut pembangunan di Desa Sungai Ringin ke depannnya. Jadi nanti akan dibuatkan semacam aplikasi tentang profil Desa Sungai Ringin,” kata Abdul Hamid.

Pendataan tersebut, kata dia, melibatkan 35 relawan SDGs yang terdiri dari masyarakat dan Ketua RT/RW.

“Ke depannya harapan kita Desa Sungai Ringin bisa maju, dengan data yang tertib dan administrasi yang tertib sehingga bisa menjadi acuan pembangunan ke depannya,” katanya.

Dalam rakor itu, kata dia, sekaligus memonitor sejauhmana perkembangan pelaksanaan pendataan SDGs dan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh tim pendata di lapangan. Di mana, dalam rapat diketahui bahwa, banyak dari Relawan SDGs mengeluhkan tentang server aplikasi SDGs yang sering bermasalah.

“Yang menjadi kendala lainnya di lapangan adalah tidak tersedianya dokumen kependudukan yang dimiliki oleh warga desa dikarenakan belum melakukan pengurusan dokumen kependudukan ataupun dokumen kependudukan dibawa oleh anaknya atau anggota keluarga yang lain,” kata dia.

Sementara perwakilan Kecamatan Sekadau Hilir menindaklanjuti Rakor Evaluasi SDGs Sungai Ringin didapati kesepakatan pusat data Desa Sungai Ringin nantinya akan dibuat berbasis website lantaran aplikasi yang bermasalah.

“Jadi kesepakatan dalam rakor tadi kita akan kumpulkan enumerator untuk pendataan SDGs untuk diinput ke website,” kata dia.

Semua permasalahan tersebut, kata dia, satu-persatu terus diupayakan untuk diselesaikan bersama-sama, dengan melibatkan pihak yang berkompeten.

“Anggota tim pendataan atau relawan SDGs Desa Sungai Ringin sepakat untuk berusaha menyelesaikan pendataan SDGs desa sesuai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” kata Sekdes Sungai Ringin Akmal.

Rapat evaluasi pendataan SDGs Sungai Ringin ini dihadiri oleh Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Relawan SDGs Desa yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Comment

Terbaru