Warga Sungai Ringin Peringati Maulid Nabi Muhammad

KalbarOnline, Sekadau – Warga di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau memperingati Maulid Nabi dengan beragam kegiatan dan acara.

Pelaksanaan maulid digelar di masjid Al Mutadin oleh warga, Jalan Tamtama Desa Sungai Ringin dan diikuti dari Kecamatan Sekadau Hilir, Nanga Taman, Nanga Mahap dan lain-lain, Minggu (7/1).

Menurut salah seorang pengurus Masjid Al Mutadin, Harundinata, maulid tradisional berhubungan dengan kegiatan agama Islam.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Pemuda Kalbar Cinta Tanah Air dan Peduli Kondisi Bangsa, Ini Tolak Ukurnya

“Acara diisi dengan kegiatan, gunting rambut balita, dan juga dengan tausiah,” ujarnya.

Ketua Maljis Ta’Lim Albazaji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau, Abdul Bakar mengungkapkan, perayaan ini hampir semuanya memiliki sejarah panjang dan berhubungan erat dengan tradisi yang sudah lama ada.

“Tak heran kalau saat ini, tradisi tersebut tak lagi sekedar ritual keagamaan, namun sudah menjadi objek wisata lokal, dengan bergiliran pelaksanaanya dari masjid ke masjid yang ada di Sekadau,” tukasnya.

Baca Juga :  Dinas PU Sekadau Wacanakan Restorasi Jembatan Kapit Yang ‘Miring’

Sementara itu, Drs H M Zakasi Effendi salah seorang Koodinator Penjadwalan Pelaksana Maulid Tradisional mengatakan, bahwa Maljis Ta’Lim Albazaji Maulid Tradisional (MTAMT) akan mengadakan penutupan di Masjid-Al-Mujahidain Kecamatan Rawak pada Sabtu 17 Januari 2018 mendatang. (Mus)

Comment