Cegah Stunting, PAUD Harapan Bangsa Lakukan Sosialisasi Melalui Pendidikan Kelas Orang Tua

Cegah Stunting, PAUD Harapan Bangsa Lakukan Sosialisasi Melalui Pendidikan Kelas Orang Tua

KalbarOnline, Melawi – Sebagai upaya menurunkan angka stunting di Desa Domet Permai, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, PAUD Harapan Bangsa desa setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi “Upaya Penurunan Prevalensi Angka Stunting” untuk kelas orang tua.

Acara yang berlangsung di Gedung PAUD Harapan Bangsa ini, dibuka Bunda PAUD Kabupaten Melawi, Raisya Sabrina, Kamis, 29 Juli 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Melawi Raisya Sabrina menjelaskan, anak stunting tidak hanya terjadi di Kabupaten Melawi termasuk di Desa Domet Permai, namun, merupakan masalah nasional dengan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi.

Dijelaskan Ketua TP PKK Kabupaten Melawi itu, dengan menekan angka stunting khususnya di Desa Domet Permai, ia berharap perlunya peran kader Posyandu dan TP PKK Desa untuk bersama-sama sebagai motor penggerak pencegahan stunting, yang nantinya didukung anggaran dari Pemdes Domet Permai untuk dana tindakan penambahan gizi anak dan ibu-ibu hamil melalui APBDes.

Menurut istri orang nomor satu di Kabupaten Melawi ini, sejumlah dampak yang dapat ditimbulkan stunting yang memengaruhi masa depan anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan terhambat, kecerdasan tidak berkembang, produktivitas rendah, hingga rentang terserang penyakit.

Sementara itu, Ketua Pengelola PAUD Harapan Bangsa Desa Domet Permai, Megawati, mengatakan, bahwa PAUD juga berperan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting.

Melalui kegiatan ini, Megawati berharap SDM di Desa Domet semakin meningkat dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting.

Megawati pun mengajak semua pihak untuk terlibat dan mengambil peran bersama untuk mengatasi dan mencegah persoalan stunting yang ada diseputar Desa Domet Permai. (SR)

Comment

Terbaru