by

Update Covid-19 Ketapang: Angka Kasus Aktif Capai 500 Orang

Update Covid-19 Ketapang: Angka Kasus Aktif Capai 500 Orang

KalbarOnline, Ketapang – Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Ketapang hingga Kamis (22/7/2021) kemarin menyentuh angka 500 orang.

Jumlah tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Basaria Rajagukguk, Jumat (23/7/2021).

Ia menyebut kalau kasus aktif adalah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalani perawatan. Angka itu didapatkan dengan mengurangi total kasus positif Covid-19 dengan angka kesembuhan dan kematian.

“Per 22 Juli, sekitar 500an. Tetapi ada penurunan, karena angka kesembuhannya cukup bagus,” katanya.

Dia menyampaikan, penyumbang angka tertinggi kasus Covid-19 berada di Kecamatan Delta Pawan, Kecamatan dengan jumlah penduduk tertinggi di Kabupaten Ketapang.

“Angka itu hasil dari positif PCR dan positif antigen,” imbuhnya.

Basaria menambahkan, pasien Covid-19 di Kabupaten Ketapang lebih banyak yang menjalani Isolasi mandiri. Karena saat ini rumah sakit rujukan Covid-19 penuh.

Meski Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang mengklaim jumlah kesembuhan tinggi, namun angka kematian tahun ini jauh lebih besar dari tahun 2020 lalu. Saat ini Kabupaten Ketapang masih berada di zona orange, kategori resiko kenaikan kasus Covid-19.

Untuk itu, masyarakat diminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan diri pribadi dan keluarga.

“Hingga hari ini jumlah kematian akibat Covid-19 berjumlah 55 orang. Tahun lalu sembilan orang,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

Terbaru