Pemkot Singkawang Rencanakan Revitalisasi Terminal Pasiran

Pemkot Singkawang Rencanakan Revitalisasi Terminal Pasiran

KalbarOnline, Singkawang – Pemerintah Kota Singkawang berencana melakukan revitalisasi Terminal Pasiran untuk mengembalikan fungsinya agar tertata dengan baik.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengungkapkan kerinduannya agar terminal pasiran berfungsi sebagaimana mestinya dan lebih tertata baik melalui revitalisasi.

Ia mengungkapkan beberapa hal yang akan dilakukan untuk menata dan memfungsikan kembali Terminal Pasiran, seperti pembangunan WC umum yang bersih dan layak pakai, posko, penataan tanaman, dan lain-lain.

“Secara bertahap, Pemerintah kota Singkawang akan menata dan mengembalikan fungsi dari pembangunan Terminal Pasiran ini. Perlahan-lahan, yang akan ditata seperti WC, posko, tanaman, dan lain-lain. Tentunya, kami berharap melalui perencanaan ini Terminal Pasiran bisa kembali berfungsi.” Ungkap Tjhai Chui Mie, Kamis (3/6/2021).

Tjhai Chui Mie menjelaskan, sebagai langkah awal revitalisasi Terminal Pasiran, nantinya akan memperjelas struktur organisasi yang dibentuk dan bersentuhan langsung dengan fungsi Terminal. Kemudian, akan dilakukan pendataan terhadap angkutan umum dan angkutan pariwisata yang akan ditempatkan di Terminal Pasiran.

Baca Juga :  Bandara Singkawang Mulai Beroperasional Minimal 2024, Patah Atabri bilang itu Pesan Pak Presiden

“Melalui pendataan yang baik, maka akan diketahui jumlah keluar masuk angkutan perharinya di Terminal Pasiran ini. Tentunya, akan dikenakan retribusi sehingga pendapatan asli daerah (PAD) didapat dan juga terkontrol dengan baik. Organisasi angkatan darat (Organda) juga bisa melakukan fungsinya untuk menata rapi semua angkutan berdasarkan tujuan destinasinya.” jelasnya

Sebagai kota wisata, Pemerintah Kota Singkawang akan menempatkan bus medium milik DAMRI dan oplet untuk pariwisata pada Terminal Pasiran ini juga.

“Oplet untuk pariwisata kota Singkawang juga akan ditempatkan di Terminal Pasiran ini. Sehingga, masyarakat bisa dengan mudah mengunjungi tempat-tempat wisata, seperti pantai, taman, dan lain-lain. Tentunya, ini adalah kabar yang sangat baik bagi para wisatawan dan khususnya penduduk kota Singkawang juga yang berprofesi sebagai pelaku usaha. Jadi, kita akan tempatkan angkutan itu di sini, begitu pula halnya dengan bus medium milik DAMRI.” ujarnya.

Baca Juga :  10 Daerah di Kalbar Masuk Zona Kuning Penyebaran Covid-19, Singkawang Zona Oranye

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Petrus Yudha Sasmita menjelaskan bahwa Terminal merupakan titik simpul dari berbagai sarana (moda) angkutan yang berfungsi sebagai transfer point penumpang dari suatu sarana angkutan ke sarana angkutan lainnya.

Terminal juga, kata Yudha sebagai tempat pengaturan dan pergerakan kendaraan maupun penumpang.

Maka dari itu, Yudha beserta jajarannya berupaya melakukan pengembalian fungsi Terminal Pasiran kota Singkawang dalam upaya peningkatan prasarana transportasi jalan di kota Singkawang.

Ia menekankan bahwa terminal merupakan salah satu bagian fasilitas di kota Singkawang yang harus dijaga dan dikelola sesuai dengan ketentuan.

Comment