Fransiskus Diaan Tegaskan Komitmennya Majukan Olahraga Tinju Kapuas Hulu

Fransiskus Diaan Tegaskan Komitmennya Majukan Olahraga Tinju Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menegaskan komitmennya untuk memajukan olahraga tinju di Kapuas Hulu dengan menggali potensi atlet agar dapat menjadi salah satu olahraga unggulan untuk meraih prestasi baik di tingkat provinsi, nasional mau pun internasional. Namun menurut dia, yang menjadi tantangan pengembangan olahraga tinju di Kapuas Hulu adalah sarana dan minat. Hal ini harus diupayakan pengembangannya secara bersama-sama oleh pengurus Pertina Kapuas Hulu.

“Olahraga tinju punya nilai positif kedisiplinan, pantang menyerah, fokus dan sportifitas. Ini perlu dikembangkan untuk atlet tinju nasional, mulai dari usia dini,” ujarnya usai resmi dilantik Ketua Pertina Kapuas Hulu periode 2021-2025 oleh Ketua Pertina Kalbar, di Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Senin (24/5/2021).

Baca Juga :  Kunker ke Desa Kepala Gurung, Fransiskus Diaan Resmikan Objek Wisata Gurung Perangai

Pengembangan olahraga tinju, kata Fransiskus, butuh kekompakan pengurus dan atlet. Pengurus harus lakukan peran secara baik dan profesional.

“Kapuas Hulu pasti ada atlet tinju ini perlu kita dorong. Ini bukan mustahil, kita harus cari sejak dini agar kelak Kapuas Hulu bisa punya atlet tinju yang bisa mengharumkan nama daerah dan negara, seperti Christ John dan Daud Chino Yordan,” tegasnya.

Orang nomor wahid di Bumi Uncak Kapuas ini mengajak seluruh stakeholder di bidang olahraga untuk melalukan pembinaan yang baik. Dengan begitu ada prestasi dari sisi olahraga di kemudian hari.

“Prestasi itu tidak dihasilkan instan tetapi pembinaan berkesinambungan dan berjenjang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemuda di Pontianak Dianiaya Teman Wanita yang Dipesan Lewat MiChat, 1 dari 3 Pelaku Diringkus Polisi

Sementara Ketua Pertina Kalbar, Jongki mengatakan, pelantikan ini awal menuju suksesnya Pertina Kapuas Hulu. Kapuas Hulu punya respon sangat baik dan Kepala Daerahnya mendukung langsung.

“Kami yakin di bawah nahkoda Bupati, Pertina Kapuas Hulu 2021-2025, olahraga tinju akan jadi unggulan,” kata dia.

Jongki menegaskan, ada beberapa misi yang harus dikejar oleh Pertina Kapuas Hulu. Pertama yakni konsolidasi Pengprov dan Pengkab/Kota, kedua pembenahan managemen organisasi, ketiga penambahan sararana prasarana (Ring Tinju dan Perlengkapan Lain), keempat memperbanyak pertandingan dan kejuaraan, kelima memanfaatkan sport science, sport industry dan sport tourism.

“Sport sains, industri dan tourism artinya olahraga tinju dirangkaikan dengan kegiatan lain. Bisa berupa open turnamen saat kegiatan Festival Danau Sentarum,” pungkasnya.

Comment