by

Bupati Sis Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Silat Hulu

Bupati Sis Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Silat Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengunjungi Desa Landau Rantau, kecamatan Silat Hulu, Rabu (31/3/2021). Bupati menyerahkan bantuan kepada korban banjir yang terjadi di akhir bulan Maret 2021.

“Kita semua dikejutkan kejadian banjir besar di Kecamatan Silat Hulu, hampir seluruh pesisir daerah aliran Sungai Silat terjadi banjir yang cukup besar,” ujar Bupati, disela acara penyerahan bantuan.

Bila melihat dokumentasi kejadian, baik yang dikirim Kepala Desa maupun media sosial dan youtube, banjir yang terjadi di desa Landau Rantau merupakan yang terparah.

“Banjir ini terjadi memang karena adanya anomali cuaca yang sulit diprediksi,” ujarnya.

Bupati mengatakan banjir besar tersebut telah mengakibatkan kerugian harta benda yang tidak sedikit, sebagaimana laporan tertulis dari Pemdes Landau Rantau yang ia terima. Bupati mengimbau agar masyarakat waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang terjadi. Bencana tidak mengenal tempat dan waktu dan semua itu tidak dapat diprediksi secara pasti.

“Oleh sebab itu yang bisa kita lakukan adalah kesiap siagaan dalam menghadapi resiko bencana,” ucapnya.

Bupati menyampaikan kehadiran pihaknya di Landau Rantu merupakan bentuk kepedulian, empati dan dukungan moral Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terhadap masyarakat korban banjir. Banjir tersebut membuat masyarakat harus mengalami kerugian moril dan material yang cukup besar.

“Pemda juga membawa bantuan yang kiranya dapat sedikit meringankan beban para korban dalam masa-masa yang sulit ini,” ujarnya.

Adapun bantuan tersebut diantaranya, 600 kg beras, 300 liter minyak goreng, 30 doz indome, 156 lembar terpal gulung, 50 buah matras, 50 lembar selimut, 20 paket perlengkapan makanan, 50 paket makanan siap saji, 10 paket peralatan dapur, 10 paket perlengkapan anak – anak, 25 stel seragam SD perempuan, 25 stel seragam SD laki-laki, 20 stel seragam SMP perempuan, 20 stel seragam SMP laki-laki, 10 stel seragam SMA perempuan, 10 stel seragam SMA laki-laki.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi korban banjir di Silat Hulu,” tandas Bupati.

Dalam kunjungan melihat korban banjir sekaligus menyalurkan bantuan, Bupati turut didamping Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Gunawan serta pejabat terkait lainnya.

Comment

News Feed