Optimalkan Germas Dengan Semangat Kepong Bakol

Optimalkan Germas Dengan Semangat Kepong Bakol

KalbarOnline, Kubu Raya – Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan, melalui forum Koordinasi dan Advokasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dilakukan semua elemen dengan sistem Kepong Bakol diharapkan bisa lebih ditingkatkan.

“Makanya kita berharap, tingkatkan program melalui Kepong Bakol sesuai dengan semangatnya, terutama program-program yang disusun melalui pedoman yang sudah ada. Program Germas ini harus bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. Bukan meningkat secara kuantitas, tetapi kualitas masyarakat bisa kita tingkatkan,” ucapnya saat membuka acara Rapat koordinasi dan Advokasi Germas, di Dangau Hotel Kubu Raya Sungai Raya, Kamis (18/3/2021).

Dia menambahkan, Kesehatan merupakan masalah sangat mendasar dan sangat haqiqi. Melalui Germas ini, salah satunya bisa melakukan pencegahan, terutama terkait penyakit masyarakat, baik itu penyakit menular maupun yang tidak menular utamanya.

Baca Juga :  Kecamatan Batu Ampar Siap Mengikuti MTQ Kubu Raya ke-5

“Melalui Germas ini bisa dicegah sedini mungkin,” katanya.

Selain itu tambahnya program Germas mesti dimasifkan dikalangan masyarakat karena berperan terhadap pencegahan Covid- I9. Di mana corona merupakan penyakit menular yang disebar oleh virus.

“Cara mengatasinya pencegahannya sudah dimasifkan melalui (5M), yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan serta memanjakan imunitas,” ucapnya.

Dia menambahkan, 5M itu merupakan item-item program Germas, terutama menjaga lingkungan terimplementasi dari program-program yang ada.

Baca Juga :  Meski Terbatas Anggaran, PMI Kubu Raya Komitmen Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

“Jadi, ada kaitanya sekali dengan program Germas, terutama dalam mengatasi Covid-19 ini,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan mengatakan, dengan adanya rapat koordinasi tersebut, kedepannya harus diperkuat. Dengan cara melibatkan semua element masyarakat.

“Kegiatan ini sudah berjalan, namun masih belum maksimal. Dengan adanya kegiatan tersebut, yang melibatkan lintas sektoral, lintas organisasi, baik tokoh agama, dilakukan supaya lebih maksimal dan lebih baik, terutama untuk Kabupaten Kubu Raya,” ungkapnya.

Dengan adanya pertemuan tersebut, Marijan berharap kegiatan koordinasi ini, lebih memahami, lebih mendalam, sehingga kegiatan yang dilakukan terarah memahami.

“Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Kubu Raya selalu sehat,” harap Marijan. (ian)

Comment