by

IPM Kubu Raya Merangkak Naik di Tengah Badai Covid-19, Harisson: Kami Sangat Hargai Capaian Itu

KalbarOnline, Kubu Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengapresiasi kinerja Bupati Kubu Raya yang berhasil meningkatkan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kubu Raya tahun 2021.

Di mana pada tahun 2020, IPM Kubu Raya berada di angka 67,95 dan berhasil naik menjadi 68,16 di tahun 2021. Angka tersebut bahkan berada di atas rata-rata IPM Provinsi Kalbar yang berada di angka 67,90.

“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, Bupati Kubu Raya telah berhasil meningkatkan IPM. Kami sangat menghargai capaian tersebut,” kata Harisson.

Harisson menyampaikan itu saat menghadiri Musrenbang RKPD Kubu Raya Tahun 2023 yang mengusung tema ‘Peningkatan Kesejahteraan dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Berbasis Partisipatif dan Bernuansa Religius Didukung Infrastruktur Dasar dan Pelayanan Sosial Dasar’ di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya, baru-baru ini.

“Saya berharap dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023 ini fokus membahas hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat,” pesan Harisson.

Peningkatan IPM, kata Harisson, merupakan prioritas Pemerintah Provinsi Kalbar dan telah disampaikan pada forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023.

Karena itu, dibutuhkan kerjasama, baik pada level pemerintah desa/kelurahan, kabupaten, hingga provinsi untuk meningkatkan nilai IPM.

“Berbagai strategi dan arah kebijakan provinsi dalam upaya peningkatan IPM di tahun 2023 telah disusun. Saya harapkan hal ini juga bisa menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya,” pinta Harisson.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengungkapkan penyusunan RKPD Kubu Raya Tahun 2023 akan berfokus pada data, yaitu data yang akurat, mutakhir dan data yang benar-benar bisa membuat perencanaan terukur, sehingga bisa memperkuat capaian daya serap dengan lebih cepat, dan kinerja juga akan lebih optimal.

BACA JUGA:  Pemprov Kalbar Raih Tiga Penghargaan BKN Award 2021

“Alhamdulillah, karena kita sudah berbasis geospasial dan sudah dihubungkan mulai dari musrenbang tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Tentunya ini semua lebih melihat kebutuhan. Berbasis data merupakan hal yang paling penting,” kata Muda Mahendrawan.

Pada Musrenbang RKPD Kubu Raya 2023 ini juga dirangkai dengan penyerahan Piagam penghargaan IGA (Innovative Government Award) Kabupaten Kubu Raya Tahun 2021 kepada satuan kerja perangkat daerah.

Turut hadir dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil Mempawah-Kubu Raya, pimpinan dan anggota Kabupaten Kubu Raya, jajaran Forkopimda Kubu Raya, Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Kubu Raya, akademisi, dan para pemangku kepentingan lainnya. (J)

Comment