Jokowi Minta Warga Lapor Jika Ada Maladministrasi Pelayanan Publik

KalbarOnline.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang, kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat tercermin dari layanan pemerintah. Sehingga, pembenahan layanan publik yang bersifat birokrasi sangatlah penting.

Menurutnya, ini menjadi pekerjaan besar pemerintah untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku menjadi pelayanan publik yang prima, profesional, dan berkeadilan.

“Terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil,” ujarnya dalam acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, Senin (8/2).

Baca Juga :  Polisi Pontianak Gagalkan Upaya Penyelundupan 40 Ekor Kadal Langka Tak Bertelinga

Selain itu, hal lain yang perlu dibenahi adalah mengubah pola pikir dan budaya kerja birokrasi dari budaya senang dilayani menjadi budaya melayani. Hal itu menjadi tanggung jawab bersama. Memerlukan juga partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

Ia menyebut, Ombudsman juga sangat penting sebagai tempat mengadu pelayanan publik untuk memberikan masukan, kritik maupun dukungan terhadap pelayanan publik. Sehingga, pihaknya memberikan apresiasi.

“Saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ombudsman Republik Indonesia yang terus mengawal, melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah,” tuturnya.

Baca Juga :  Hari Pertama Berkantor di Jakarta, Risma Sapa Penghuni Kolong Jembatan

Jokowi meminta masyarakat tak perlu segan untuk memberikan pengaduan jika menemukan adanya potensi maladministrasi. Hal itu menjadi sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang.

“Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan perbaikan,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment