Belajar dari SARS, Dokter Singapura Ungkap Rahasia Kendalikan Covid-19

KalbarOnline.com – Singapura berhasil mengendalikan kasus Covid-19 dengan angka kematian yang hanya 29 jiwa sampai sejauh ini. Proses vaksinasi juga sudah dilakukan pada tenaga kesehatan. Salah satunya dr. Lim Hui Ling, 51 tahun, yang merupakan Direktur Medis di Klinik Medis Internasional di Singapura.

Dia mengaku punya pengalaman dan bercerita mengapa Singapura mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Lim merupakan saksi sejarah yang melalui pandemi SARS 2002-2003 dan membantu mempersiapkan bersama petugas kesehatan lainnya untuk menghadapi Covid-19. Itulah yang membuat Singapura jauh lebih siap menghadapi pandemi saat ini.

“Ada 26 dokter di klinik saya, dan kami hanya melihat tiga kasus positif Covid-19 selama pandemi berlangsung. Tapi kami selalu waspada, sadar bahwa pasien berikutnya yang mungkin kami lihat mungkin menderita virus,” katanya seperti dilansir dari Bussiness Insider, Kamis (4/2).

Baca juga: Ahli Singapura Sebut Efek Samping jadi Bukti Vaksin Covid-19 Bekerja

Menurut dr. Lim, pandemi Covid-19 bukan kali pertama dirinya menghadapi virus. Dari November 2002 hingga Juli 2003, Asia dilanda pandemi SARS saat itu.

Baca Juga :  Taiwan Berharap Donald Trump Cepat Pulih dan Terus Lawan Tiongkok

“Tapi itu tidak bertahan selama Covid-19, tetapi itu menakutkan. Saat itu petugas kesehatan meninggal, termasuk orang yang saya kenal,” jelasnya mengenang saat itu.

Baca juga: Chinatown Singapura Ramai Jelang Imlek, Dikhawatirkan Klaster Covid-19

“SARS memberi kami cetak biru tentang cara menangani Covid-19,” tambahnya.

Bagi dr. Lim, pengalaman itu adalah kurva pembelajaran yang sangat besar bagi banyak dari kita yang belum pernah mengalami hal seperti itu sebelumnya. Kementerian Kesehatan memberikan pedoman nasional tentang pengelolaan pasien Covid-19, yang dimodifikasi untuk digunakan di klinik.

“Karena SARS, kami memiliki pengalaman pengendalian infeksi, kami tahu cara memisahkan klinik, cara melakukan triase pasien, dan kami selalu menyimpan APD di gudang kami,” tambahnya.

Dia juga memuji sesama warga Singapura karena membantu menghentikan penyebaran virus dengan rela memakai masker, jarak sosial, dan menggunakan aplikasi pelacakan kontak. Ketika pertama kali mendengar tentang Covid-19 pada Januari 2020, dia pikir itu akan mereda seperti flu babi atau flu burung di masa lalu.

Baca Juga :  Suasana Orchard Road Singapura yang Sepi Dihantam Pandemi Covid-19

Dirinya telah menjadi dokter keluarga di Klinik Medis Internasional sejak 2002. Sementara semua janji biasanya dilakukan tatap muka, sekarang menemui pasien di klinik dan melalui Zoom. Sebagai anggota dewan College of Physicians, dia juga membantu menasihati dokter lain bagaimana mengatasi krisis.

Singapura adalah negara pertama di Asia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech. Dr. Lim juga sudah divaksinasi.

“Saya mengalami beberapa efek samping setelah mendapat vaksin. Keesokan harinya lenganku cukup sakit, dan aku tidak bisa mengangkatnya untuk menyisir rambut. Saya juga mengalami sedikit demam, yang datang pada sore hari dan berlangsung hingga waktu tidur. Namun demikian, ketika saya bangun pagi berikutnya setelah menerima suntikan, ternyata saya baik-baik saja. Dan saya menerima dosis kedua saya pada 4 Februari,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment