PBNU Ajak Semua Pihak Komitmen Tak Ulangi Kesalahan Penanganan Pandemi

KalbarOnline.com – Hari ini, Minggu (31/1) adalah tepat 95 tahun berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) sejak pertama diresmikan pada 31 Januari 1926. Ucapan selamat datang dari berbagai tokoh, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas menyampaikan terima kasihnya atas ucapan selamat dan doa dari Jokowi kepada NU.

“Terima kasih ucapan harlah dan doanya, Pak Jokowi. Doa terbaik untuk Presiden beserta jajarannya, rakyat dan bangsa Indonesia seluruhnya,” ungkap dia melalui keterangan tertulis, Minggu (31/1).

Ia pun juga menyinggung situasi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, diperlukan kolaborasi seluruh pihak untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang masih menghantui masyatakat ini.

Baca Juga :  Siswa Bunuh Diri Akibat PJJ, Kemendikbud Serahkan Kepada Kemenag

“Dalam situasi pandemi dan bencana alam yang silih berganti, kolaborasi segenap pihak mutlak diperlukan. Mari terus instrospeksi (muhasabah) dan mawas diri,” tutur dia.

Menurutnya, sekecil apapun kesalahan dan kekeliruan sebagai bangsa, ia mengajak untuk berkomitmen agar hal tersebut tidak terulang kembali.

“Saya percaya Indonesia dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat sebagaimana cita-cita nasioal dan memberi kontribusi signifikan bagi bangunan peradaban dunia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan NU merupakan organisasi yang memberikan kontribusi nyata untuk mencapai kemerdekaan. NU juga turut mengisi pembangunan Indonesia.

Baca Juga :  Ketum PBNU Said Aqil Sampaikan Pesan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Jokowi, semua masyarakat bersyukur dan berterima kasih kepada NU yang senantiasa konsisten membela Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan UUD 1945.

”Di tengah perubahan dan tantangan zaman yang semakin kompleks, NU juga selalu berada di garda terdepan dalam membela kepentingan bangsa dan negara. Kita semua melihat bukti NU berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme, dan semangat toleransi serta dalam melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme,” ujar Jokowi secara virtual dalam Harlah NU ke-95 di Jakarta, Sabtu (30/1).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment