Tiongkok Temukan Bir Impor yang Tercemar Covid-19

KalbarOnline.com – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) Kota Tinjin, Tiongkok, menemukan bir impor yang tercemar Covid-19. CDC menyebut hasil tes sampel bir yang diimpor dari Amerika Serikat di Distrik Ninghe, Kota Tianjin, menunjukkan positif Covid-19.

Menurut CDC Kota Tinjin sebagaimana dikutip portal berita OneTube, Rabu (27/11), bir tersebut terdeteksi positif Covid-19 sebelum dilempar ke pasaran.

Selain bir, beberapa makanan dan minuman yang hendak dipasarkan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek di Tiongkok juga ditemukan berisi kandungan Covid-19. Di Distrik Liangxi, Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, beberapa buah ceri impor juga terkontaminasi Covid-19.

Baca Juga :  Usai Dibebaskan, Buruh Migran Indonesia Tuntut Kompensasi Rp 760 Juta

Baca juga: Tak Ingin Berseteru, Tiongkok Hindari Persaingan Vaksin dengan India

Hal yang sama juga ditemukan di perusahaan importir di Kota Shijiazhuang, Provinsi Hebei. Petugas CDC Kota Zhoushan, Provinsi Zhejiang, juga mendapati sisi dalam dinding kontainer udang merah beku yang didatangkan dari Argentina terkontaminasi Covid-19.

Sebelumnya Covid-19 juga ditemukan di perusahaan es krim di Kota Tianjin yang bahan baku berupa susu diimpor dari Selandia Baru dan Ukraina.
Sementara itu, Wakil Direktur CDC Tiongkok, Feng Zijian mengatakan bahwa barang-barang impor yang hasil tesnya positif Covid-19 tak semuanya bisa menularkan penyakit. Menurut Feng, hal itu tergantung kandungan virus yang mengontaminasi produk tersebut, yakni tergolong aktif atau tidak.

Baca Juga :  Kaleidoskop 2020: Menag Jadi Menteri Ketiga yang Terinfeksi Covid-19

Apabila kandungan virusnya juga sangat rendah, menurut Feng maka produk-produk tersebut tidak akan berisiko menularkan Covid-19. Berdasar itu, Feng meminta masyarakat tidak cemas berlebihan karena otoritas kesehatan bakal melakukan tes terlebih dahulu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment