Jokowi Minta Vaksinasi Selesai Kurang dari Setahun

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat bisa kurang dari setahun. Jokowi menuturkan, dirinya mendapatkan laporan bahwa vaksinasi Covid-19 memakan waktu 15 bulan. Namun dirinya meminta itu terlalu lama untuk diselesaikan.

“Kemarin saya mendapatkan informasi itung-itungan dari pak Menteri 15 bulan (vaksinasi). Tapi masih saya tawar, kurang dari setahun harus selesai,” ujar Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat tanah di Istana Negara, Jakarta, selasa, (5/1).

Jokowi mengaku proses vaksinasi Covid-19 memang membutuhkan waktu. Bahkan di dunia saja diprediksi vaksinasi selesai dalam 3,5 tahun. Sehingga dia meminta jajarannya untuk bekerja keras menyelesaikan vaksinasi tersebut.

“Ini kita memang harus bekerja keras agar pandemi ini segera bisa kita atasi dan selesai. kita pulih, normal kembali, beraktivitas normal seperti biasanya. Saya kira harapan kita semuanya itu,” katanya.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, Lion yang Membawa Raja Tayan Gagal Mendarat di Supadio

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan untuk masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat, meskipun pada pekan depan proses vaksinasi telah mulai dilakukan..

“Saya tetap titip kepada kita semuanya untuk menyampaikan juga ke saudara dan tetangga-tetangga kita, rekan-rekan kita, kawan-kawan kita, meskipun vaksinasi minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada, tidak lengah, disiplin terhadap protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, tidak ke tempat-tempat kerumunan, jaga jarak karena kuncinya ada di situ. Sampai nanti vaksinasi ini selesai,” ungkapnya.

Sebelumnya Juru Bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan proses vaksniasi Covid-19 di tanah air akan memakan waktu 15 bulan.

Baca Juga :  Jajaran Polres Kapuas Hulu Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden Jokowi

“Sementara Indonesia menyelesaikan vaksinasi corona dalam kurun 15 bulan. Mulai Januari 2021-Maret 2022,” ujar Nadia.

Nadia menuturkan, proses vaksinasi Korona di Indonesia akan dimulai Januari 2021 hingga Maret 2022.

Baca juga: Indonesia Butuh Waktu 15 Bulan untuk Vaksinasi Covid-19

Nadia menjelaskan, pemberian vaksin Covid-19 selama 15 bulan ini terbagi dalam dua periode.
Periode pertama akan berlangsung Januari hingga April 2021. Pada periode ini prioritas penerima vaksin corona adalah 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik yang ada di 34 provinsi.

Adapun periode kedua berlangsung selama 11 bulan yaitu April 2021 hingga Maret 2022. Penerima vaksin adalah sisa masyarakat yang belum divaksin pada periode pertama.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment