Ini Prediksi Puncak Mudik dan Arus Balik Libur Nataru

KalbarOnline.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri melepas Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) untuk melaksanakan Operasi Lilin 2020. Operasi ini dtujukan untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Hari ini kita berangkatkan tim Pamatwil kita ke jajaran untuk melaksanakan Operasi Lilin 2020 dari tanggal 21 (Desember) sampai 4 (Januari) nanti,” kata Istiono di Lapangan NTMC Polri, Cawang, Jakarta Timur, Senin (21/12).

Istiono mengatakan, Tim Pamatwil ini terdiri dari unsur Polri, Ditjen Perhubungan Darat, dan Jasa Raharja. Tim ini akan disebar ke wilayah-wilayah khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera yang menjadi jalur mudik dan arus balik.

Baca Juga :  Ketua Baznas Bambang Sudibyo Raih GIFA Special Award 2020

Operasi kali ini aparat menerapkan sistem Operasi Kemanusiaan yang memgedepankan tindakan preventif, persuasif dan humanis. Petugas juga akan menggunakan tindakan represif terukur dalam kondisi tertentu

“Penggelaran kekuatan kita 123.451 personel di seluruh Indonesia, itu termasuk Polri gabungan,” imbuh Istiono.

Mantan Kapolda Bangka Belitung itu memprediksi, arus mudik dan balik akan terjadi dua kali. Mengingat libur panjang dibagi 2 pekan, yakni pekan natal dan pekan tahun baru.

Baca Juga :  Suka Duka Penyelenggara Pilwali Surabaya di Masa Pandemi (2-Habis)

Untuk periode natal arus mudik diperkirakan terjadi pada 23-24 Desember 2020. Sedangkan arus baliknya 26 Desember 2020. Sementara itu, arus mudik periode tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2020. Kemudian arus baliknya tanggal 3-4 Januari 2021.

“Hal yang menjadi atensi kita itu adalah titik-titik, tempat-tempat terutama 4 moda transportasi, darat, laut, udara, dan juga tempat wisata, kemudian tempat-tempat kerumunan lainnya berpotensi untuk penularan Covid-19,” pungkas Istiono.

Comment