Ketua Baznas Bambang Sudibyo Raih GIFA Special Award 2020

KalbarOnline.com – Koleksi penghargaan Ketua Baznas Bambang Sudibyo bertambah. Atas perannya dalam pengelolaan zakat, mantan Menteri Pendidikan itu meraih penghargaan internasional Global Islamic Finance Award (GIFA) Special Award 2020. Dalam kepengurusan Baznas 2016-2020 Bambang beserta pimpinan Baznas lainnya mengusung semangat kebangkitan zakat.

Penghargaan itu dia terima secara langsung dalam gelaran GIFA 2020 yang digelar secara online pada Senin (14/9). Kepada wartawan di Jakarta Selasa (15/9) Bambang menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas penghargaan itu. Dia mengatakan penghargaan itu sebagai pendorong untuk terus menggelorakan kebaikan zakat. Serta manfaatnya bagi masyarakat luas.

Baca Juga :  HNW Ajak Generasi Muda Lebih Semangat Jalani Kehidupan Berbangsa

Khususnya untuk masyarakat Indonesia dalam rangka upaya pengentasan kemiskinan. “Alhamdulillah suatu kehormatan bagi kami menerima penghargaan GIFA Special Award 2020 untuk kategori leadership role,” jelas Bambang. Dia mengatakan, penghargaan itu didedikasikan untuk sebelas anggota yang saat ini memimpin Baznas secara kolektif kolegial.

Sepanjang kepemimpinannya periode 2016-2020, Baznas menetapkan sebagai periode atau tahun kebangkitan zakat. Sehingga menjadi momentum untuk menjadikan zakat sebagai pilar pemecah ketimpangan sosial. Kemudian untuk kebangkitan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan sumber pendanaan untuk pembangunan kesejahteraan mustahil di luar suntikan APBN.

Bambang Sudibyo menjabat sebagai ketua BAZNAS sejak 2015 hingga sekarang. Selama kepemimpinannya, BAZNAS berkembang menjadi lembaga zakat yang dipercaya masyarakat, memiliki program-program inovatif, dan berhasil meningkatkan penghimpunan zakat rata-rata 33,7 persen per tahun.

Baca Juga :  Listyo Sigit Jadi Kapolri, GP Ansor: Polri Makin Responsif dan Adil

Selama masa jabatannya, BAZNAS telah mendapatkan beberapa penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini ia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia (WZF).

Pada gelaran GIFA Award 2020 Baznas juga menerima penghargaan sebagai organisasi zakat kategori Program Penyaluran Zakat Terbaik 2020. Penghargaan itu menjadi pengakuan atas sejumlah inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat atau mustahik lainnya.

Comment