Edi Kamtono Sebut Keberadaan Promenade Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Edi Kamtono Sebut Keberadaan Promenade Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Pelaku UMKM Waterfront Terima Bantuan Penunjang Usaha

KalbarOnline, Pontianak – Sejumlah UMKM yang beroperasi di promenade menerima bantuan berupa gerobak, alat peras jeruk dan mesin kemas dari Bank Kalbar bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalbar, Senin (21/12/2020). Bantuan diserahkan di waterfront Jalan Barito. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi pemberian bantuan berupa perlengkapan berdagang untuk pelaku UMKM dalam rangka menunjang kegiatan ekonomi di kawasan waterfront.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Terbitkan Pergub Perlindungan Harga Pembelian TBS Sawit

“Keberadaan promenade ini setidaknya bisa mengangkat derajat hidup masyarakat,” ujarnya.

Waterfront yang berada dekat dengan pelabuhan diharapkan bisa menjadi kawasan wisata yang berdampak pada perekonomian. Kawasan waterfront memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Namun tidak sedikit pelaku UMKM terkendala masalah permodalan hingga akhirnya terlilit hutang dengan rentenir. Untuk itu, pihaknya akan memberikan edukasi terhadap perilaku masyarakat sekitar waterfront.

“Misalnya yang berjualan tidak boleh asal-asalan karena pengunjung waterfront tidak hanya orang Kota Pontianak, tetapi banyak juga dari luar,” ucapnya.

Baca Juga :  212 Atlet Pelajar Siap Ikuti Popda Kota Pontianak 2023

Dirinya juga menekankan pentingnya faktor keamanan dan kebersihan di kawasan waterfront. Pandemi Covid-19 menjadikan psikis masyarakat tertekan. Namun dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru, mulai ada pemulihan. Meskipun daya beli masyarakat saat ini sangat rendah sehingga diperlukan upaya pemulihan.

“Mudah-mudahan vaksin bisa cepat berfungsi dan kondisi ini segera pulih kembali,” pungkasnya. (prokopim)

Comment