Belajar dari Rumah, Ini 7 Tips Agar Anak Mau Mengerjakan Tugas

Seringkali, orang tua merasa bahwa tugas mereka untuk membuat anak-anak berprestasi di sekolah. Itulah kenapa, Mums dan Dads akan cemas jika mereka tidak mau mengerjakan tugasnya di rumah. Tidak heran jika orang tua akan menyuruh anak untuk menyelesaikan tugasnya dengan cara tidak menyenangkan seperti berteriak, marah, atau mengancam.

“Ada banyak cara kreatif yang dilakukan anak-anak untuk memberontak dalam mengerjakan tugas sekolah. Bisa karena lupa mengerjakannya, tidak menyerahkan tugas, atau tidak belajar dengan benar. Ini hanyalah cara yang dilakukan anak-anak untuk mempertahankan kendali atas apa yang mereka miliki. Ketika ini terjadi, orang tua menjadi tidak terkendali dengan memarahinya, mengancam, atau menghukumnya,” kata Debbie Pincus, psikoterapis yang juga direktur eksekutif di The Relationship Center, New York.

Baca juga: Kok Anak Uring-uringan Kalau Disuruh Sekolah Online?

Tips Agar Anak Mau Mengerjakan Tugas

Inilah beberapa tips yang bisa Mums dan Dads lakukan agar anak mau mengerjakan tugasnya tanpa disuruh.

1. Jangan Mengancam

“Jangan katakan bahwa mereka tidak boleh bermain apabila belum mengerjakan tugasnya. Jika orang tua melakukan hal tersebut, anak akan merasa bahwa mengerjakan pekerjaan rumah merupakan hal yang membosankan dan tidak menyenangkan,” kata Debbie.

2. Tidak Melarang Anak Bermain

Bermain sama pentingnya seperti belajar untuk perkembangan anak. Oleh karena itu, jangan melarang mereka untuk bermain sebelum mengerjakan tugasnya. Beritahu anak bahwa mereka harus melakukan keduanya, belajar dan bermain (permainan fisik yang sehat seperti bersepeda, tidak sekadar gadget). Tapi, berikan kebebasan pada anak untuk memutuskan apa yang ingin mereka kerjakan terlebih dahulu.

Baca Juga :  ASTON Pontianak bersama KPA Pontianak Sosialisasikan HIV/AIDS

Baca juga: Mums, Inilah Manfaat Bermain Masak-masakan bagi Anak!

3. Pasang Musik Favoritnya

Beberapa ahli mengatakan bahwa mendengarkan musik tidak akan mengganggu konsentrasi anak saat belajar atau mengerjakan tugasnya. “Beberapa anak mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik saat mendengarkan lagu favoritnya. Perlu diketahui bahwa, musik membuat proses belajar tidak terlalu membosankan dan bahkan, dapat memotivasi anak. Tentu, tergantung jenis musik dan volume suaranya,” kata peneliti.

4. Buat Area Khusus untuk Belajar

Agar belajar dan mengerjakan tugas menjadi kebiasaan, Mums dan Dads harus membuat area khusus untuk mereka. Bisa di ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur anak. Ketika anak mengerjakan tugasnya, TV harus dimatikan karena akan mengganggu konsentrasi mereka. Semua peralatan yang dibutuhkan anak, termasuk air minum, harus tersedia di meja. Dengan begitu, mereka tidak akan membuat alasan untuk berhenti mengerjakan pekerjaan rumah.

5. Siapkan Jadwal Tetap

Tetapkan waktu tertentu untuk anak mengerjakan tugas atau belajar, misalkan setelah makan malam. Dengan begitu, Mums dan Dads bisa meluangkan waktu untuk menemani dan membantu anak menyelesaikan tugasnya. Berikan perhatian lebih, sekitar 5 menit untuk anak berusia 2 tahun dan maksimal 20 menit untuk anak berusia lebih besar. Mums dapat mengizinkan anak untuk beristirahat sebentar sebagai hadiah karena anak telah menyelesaikan satu tugas.

Baca Juga :  Kasus DBD di Kota Pontianak Meningkat, Zulfydar Zaidar Minta Pemerintah Segera Bertindak

Baca juga: Tantangan School from Home bagi Balita dan Orang Tua

6. Biarkan Anak Membuat Pilihannnya

Dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah, biarkan anak menentukan pilihannya agar mereka bisa bertanggung jawab. Jika orang tua terlalu banyak mengendalikan anak, akan menjadi bumerang bagi orang tua karena ada kemungkinan, anak malah menyalahkan orang tua yang terlalu menuntut atau memaksanya.

7. Tawarkan Hadiah

Agar anak mengerjakan pekerjaan rumahnya tanpa terpaksa, tawarkan beberapa hadiah untuknya seperti 10 menit tidur lebih malam, 10 menit lebih lama main komputer atau tambahan waktu untuk bermain dengan temannya. Membuat anak tetap termotivasi dapat membantu mereka menyelesaikan tugasnya lho!

Baca juga: Harus Bagaimana ketika Anak Menangis saat Mau ke Sekolah?

Referensi:

Empowering Parents. The Homework Battle: How to Get Children to Do Homework

Parenting for Brain. How To Motivate Child To Do Homework (7 Practical Tips)

Bright Side. 9 Tips to Help Your Child Do Homework Smoothly

Comment