by

ASI Rembes? Ini Alasannya dan Cara Mengatasinya!

Salah satu hal yang kerap dialami para ibu menyusui adalah ASI rembes. Meski setiap wanita berbeda, kebanyakan akan mengalaminya di minggu-minggu pertama masa menyusui. Ada yang berhenti di minggu ke-6 hingga ke-10, ada pula yang tetap mengalaminya hingga masa menyusui selesai. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai ASI rembes, Mums!

Mengapa ASI Bisa Rembes?

ASI rembes merupakan hal umum yang terjadi. Saat berada di rumah, mungkin Mums tidak ambil pusing. Namun ketika sudah mulai bekerja atau sedang berkegiatan di luar rumah, ASI yang tiba-tiba rembes dan membasahi pakaian tentu akan menarik perhatian orang-orang dan membuat Mums menjadi kurang nyaman.

Baca juga: Normalkah Bayi Berkeringat Ketika Menyusu?

Ini sebenarnya menjadi pertanda yang baik sebab artinya tubuh Mums lancar memproduksi asupan nutrisi untuk si Kecil setiap waktu. ASI rembes juga bisa terjadi karena:

  • Hormon oksitosin atau yang biasa dikenal orang sebagai hormon kebahagiaan, sedang bekerja memicu sel-sel otot di payudara untuk mengeluarkan ASI (letdown reflex).
  • Tubuh berusaha meredakan tekanan pada payudara dan membantu mencegah masalah menyusui, seperti pembengkakan, sumbatan pada saluran ASI, dan mastitis.
  • Payudara tersebut jarang atau tidak digunakan untuk menyusui si Kecil.
  • Mums sedang menyusui si Kecil (payudara yang satunya juga akan mengeluarkan ASI).
Baca juga: Panduan Pemberian ASI pada Ibu COVID-19

Cara Mengatasi ASI Rembes

Breast pad merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa Mums gunakan ketika sedang berkegiatan di luar rumah. BabySafe Breast Pad mampu membantu Mums menyerap kelebihan ASI yang keluar agar tidak terlanjur merembes dan membasahi pakaian karena lapisan bawahnya tahan air (waterproof).

Terbuat dari lapisan polymer berdaya serap tinggi, BabySafe Breast Pad juga akan menjaga puting Mums tetap kering sepanjang waktu. Bila puting dan payudara Mums tidak lembap, maka dapat terhindar dari infeksi.

Lapisan bahannya pun tembus udara, sehingga sejuk dan nyaman saat digunakan. Mums juga tidak perlu takut breast pad bergeser ketika menggunakannya, sebab BabySafe Breast Pad memiliki 2 perekat yang kuat di setiap sisinya. Jadi, Mums bisa tetap nyaman berkegiatan tanpa perlu pakai pakaian yang tebal atau berlapis-lapis demi menutupi ASI rembes, deh! BabySafe Breast Pad tersedia dalam kemasan isi 56, 36, dan 12, yang dapat Mums pilih sesuai kebutuhan. (AS)

Baca juga: Ternyata Ini Lho Mums Kandungan ASI yang Bermanfaat untuk Si Kecil!

Comment

Terbaru