by

Inilah 5 Bahasa Cinta Orang Tua untuk Anak, Mums yang Mana?

Seberapa banyak Mums mengungkapkan kata cinta dan sayang kepada si Kecil? Mungkin tidak terhitung ya, Mums. Namun tidak hanya melalui kata-kata, bahasa cinta orang tua untuk anak bisa ditunjukkan dengan beberapa cara.

Menurut Dr. Gary Chapman, konselor relationship sekaligus penulis seri buku Love Languages, setidaknya ada 5 bahasa cinta, yakni sentuhan fisik, kata-kata, waktu berkualitas, hadiah, dan tindakan.

Yang perlu digarisbawahi, ternyata bahasa cinta setiap orang berbeda-beda, tidak terkecuali pada anak-anak nih, Mums. Jika si Kecil masih bayi hingga batita, mungkin belum terlalu terlihat bahasa cinta yang ia inginkan.

Begitu menginjak usia 5 tahun, barulah Mums sudah mulai bisa melihat dengan jelas bagaimana ia ingin Mums, Dads, dan orang-orang di sekitarnya menunjukkan rasa cinta kepadanya.

Mums perlu mengetahui bahasa cinta yang diharapkan oleh si Kecil agar ia merasa dicintai. Di awal-awal, tidak ada salahnya mencoba seluruh 5 bahasa cinta yang dijelaskan Dr. Gary kepada si Kecil. Kemudian, cobalah melihat responsnya dan analisis apa bahasa cinta yang ia harapkan dari Mums!

Bahasa Cinta Orang Tua untuk Anak

Sebelum Teman Bumil memberikan ide-ide menunjukkan bahasa cinta orang tua untuk anak, inilah 5 jenis bahasa cinta yang perlu Mums ketahui.

  1. Kata-kata: Ucapan kasih sayang, pujian, dan semangat.
  2. Tindakan: Melakukan berbagai hal agar orang yang dicintai merasa berharga.
  3. Waktu berkualitas: Fokus terhadap orang yang dicintai, sangat perhatian, dan suka menghabiskan waktu bersama.
  4. Hadiah: Memberikan dan menerima hadiah.
  5. Sentuhan fisik: Pelukan, ciuman, belaian, dan tepukan pelan di pundak atau punggung.
Baca juga: Mums, Ingat 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan Dads

Untuk mengetahui apa bahasa cinta si Kecil, ini yang perlu Mums catat:

  • Observasi bagaimana si Kecil mengekpresikan rasa cintanya kepada Mums.
  • Observasi bagaimana si Kecil mengekspresikan rasa cintanya kepada orang-oran terdekatnya.
  • Dengarkan apa yang ia paling sering ia minta dari Mums.
  • Perhatikan apa yang paling sering ia keluhkan dari Mums.
  • Berikan ia beberapa pilihan untuk bereaksi terhadap hal yang terjadi. Misalnya jika ia sedang sedih, Mums bisa bertanya apa yang ia inginkan agar merasa lebih baik.

Terapkanlan seluruh bahasa cinta kepada si Kecil sampai Mums menemukan mana bahasa cinta yang paling dominan dalam diri si Kecil di antara 4 lainnya. Lalu, terapkanlah bahasa cinta yang paling dominan tersebut supaya ia tahu Mums peduli terhadapnya dan selalu ada untuknya.

Cara Mengungkapkan Bahasa Cinta Orang Tua untuk Anak

Jika Mums kebingungan bagaimana menunjukkan bahasa cinta orang tua untuk anak, ada beberapa ide yang bisa dilakukan. Yuk, cek di bawah ini!

  1. Kata-kata

Bahasa cinta yang satu ini bisa Mums tunjukkan dengan cara memberikan pujian dan dukungan kepada si Kecil. Tuluslah dalam memberikan setiap pujian kepada si Kecil dan jangan memuji anak berlebihan. Pasalnya, ini akan membuatnya haus akan pujian dan merasa gelisah jika sewaktu-waktu Mums tidak memujinya.

Intonasi dan volume suara ketika Mums memuji si Kecil juga cukup berpengaruh, lho. Selain itu, hindari mengungkapkan rasa cinta dengan embel-embel apa pun, seperti, “Mama sayang sama Adik kalau Adik mau makan” atau “Mama sayang sama Adik, tapi Adik malah nakal.”

Beberapa ide yang bisa Mums coba:

  • Puji dan berikan dukungan pada hal-hal yang spesifik. Misalnya, “Rambut Adik cantik sekali karena sudah disisir” atau “Wah, Adik keren banget sih bisa menggambar robot!”
  • Taruh catatan berisi berbagai dukungan di dalam rumah dan minta ia menemukannya.
  • Ungkapkan hal-hal yang positif tentang si Kecil kepada orang lain dan biarkan ia mendengarnya.
  • Jika Mums harus meninggalkan si Kecil di rumah, rutinlah kirimkan pesan kepada si Kecil atau telepon dan video call dirinya.
Baca juga: Si Kecil Hobi Corat-Coret Dinding? Bagaimana Mengatasinya?

  1. Tindakan

Sejak menjadi orang tua, Mums tentu sudah melakukan berbagai cara untuk memastikan segala kebutuhan si Kecil terpenuhi. Kalau Mums belum menyadarinya, hal tersebut merupakan salah satu jenis bahasa cinta, lho! Tandanya, Mums menunjukkan cinta melalui berbagai tindakan supaya si Kecil hidup dengan bahagia dan nyaman.

Beberapa ide yang bisa Mums lakukan adalah:

  • Tawarkan bantuan ketika melihat si Kecil kesulitan melakukan sesuatu.
  • Jangan menunda-nunda ketika si Kecil membutuhkan Mums.
  • Dukung hobi atau keinginannya untuk mengasah keterampilan yang dimilikinya.
  • Buatkan makanan favoritnya.
  • Memperbaiki mainannya yang rusak.
  1. Waktu Berkualitas

Anak-anak sangat mendambakan jenis bahasa cinta yang satu ini. Mereka sangat senang jika orang tua mereka menghabiskan waktu bersamanya, apalagi jika hanya berdua saja. Ciptakan waktu berkualitas dengan saling bercerita mengenai hari masing-masing. Dengarkanlah dengan penuh perhatian ketika si Kecil mengoceh tentang banyak hal.

Beberapa ide yang bisa Mums lakukan:

  • Pergi berduaan dengan si Kecil, misalnya bermain di taman dekat rumah, berbelanja, atau kunjungi restoran ramah anak.
  • Mums bisa mengajak si Kecil melakukan aktivitas rumah tangga bersama Mums.
  • Lakukan berbagai kegiatan bersama si Kecil dan jangan melakukan hal lain agar perhatian Mums tidak terbagi, misalnya tidak mengecek handphone.
  • Membacakan buku cerita sebelum tidur.
Baca juga: 5 Jenis Permainan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

  1. Hadiah

Harap diingat, hadiah tidak harus selalu mahal atau dalam ukuran yang besar ya, Mums. Hanya sekadar membelikan snack favorit si Kecil saja sudah terhitung hadiah dan pasti ia akan berteriak kegirangan! Ketika memberikan hadiah, sekecil apa pun itu, si Kecil akan berpikir, “Wah, Mama memikirkanku dan membelikan aku hadiah. Tandanya aku sangat penting untuknya.” Meski begitu, sama seperti pujian, hadiah tidak boleh diberikan terlalu sering agar tidak kehilangan maknanya.

Beberapa ide yang bisa Mums lakukan:

  • Masukkan snack favorit atau hadiah ke dalam tasnya atau taruh di bawah bantal.
  • Berikan hadiah kecil setelah ia belajar hal baru.
  • Pastikan Mums mengekspresikan rasa cinta Mums, baik secara verbal maupun tertulis, ketika memberikan hadiah kepada si Kecil.
  1. Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik bisa memeluk, mencium, memangku, mendekap selama membacakan cerita atau menonton kartun, mengusap kepalanya, dan lain sebagainya. Saat sakit, sedih, atau lelah, si Kecil akan lebih membutuhkan bahasa cinta ini dari Mums. Jadi, berikan sebanyak mungkin ya, Mums.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang tua semakin jarang menunjukkan bahasa cinta kepada anak melalui sentuhan fisik. Padahal selama dilakukan di waktu dan tempat yang tepat, tidak ada salahnya kok melakukannya, Mums. Karena sampai kapan pun, si Kecil adalah buah hati tercinta Mums.

Beberapa ide yang bisa Mums lakukan:

  • Rutinlah berikan si Kecil pelukan, ciuman, dan tepukan lembut di punggungnya.
  • Dekaplah ia di bawah selimut selama menonton televisi.
  • Lakukan sesi menggelitik anak.

Cinta memang tidak terbatas dan bisa diungkapkan dengan banyak cara. Jika si Kecil merasa dicintai, ia akan tidak mudah mengalami ketakutan, kemarahan, rendah diri, serta tidak percaya diri. Jadi kenali bahasa cinta orang tua untuk anak yang tepat sejak dini ya, Mums!

Baca juga: Jangan Tinggalkan Bayi dengan Kakaknya Sendirian, Kecuali…

Referensi

Good Therapy: Applying the ‘Love Languages’ to the Parent-Child Relationship

Care for the Family: Discover your child’s love language

Comment

Terbaru