Aktivitas Tanpa Gadget pun Bisa Bikin Kamu Bahagia dan Kreatif!

Saat masih kecil, hobi kita bisa bermacam-macam, mulai dari mewarnai, melukis, bermain bola, main puzzle, dan lainnya. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kita semakin jarang meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Padahal, hobi-hobi tersebut dapat memberikan kedamaian sekaligus meningkatkan kreativitas kita. Kreativitas muncul dalam berbagai bentuk, dan ada banyak aktivitas yang membantu kita merasa lebih segar, senang, dan muda kembali.

Berikut aktivitas tanpa gadget untuk meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan!

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Untuk Tetap Beraktivitas Seru!

Aktivitas Tanpa Gadget untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kebahagiaan

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa gadget untuk meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan ini:

1. Membuat Scrapbook

Saat masih kecil, mungkin kita sering melihat album foto atau membuat scrapbook berisi tempelan foto-foto kita. Saat ini, karena sudah ada digital album atau scrapbook seperti Facebook dan Instagram, scrapbook manual sudah banyak dilupakan. Padahal, membuat album foto atau scrapbook sendiri lebih menyenangkan dan mendekatkan kita pada memori-memori tersebut.

Coba luangkan waktu untuk mencetak foto-foto atau gambar-gambar favorit Kamu dari hp atau kamera. Kemudian, Kamu bisa membeli buku kosong sesuai selera Kamu. Lalu, Kamu juga bisa membeli spidol atau pulpen, stickers, lem, dan pernak-pernik lain yang mau ditempelkan ke dalam scrapbook.

Kalau bingung dan ragu, Kamu bisa mencari inspirasi scrapbook dari internet. Aktivitas tanpa gadget ini akan menjadikan memori-memori lama Kamu menjadi lebih spesial.

Baca Juga :  Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Ketapang Gelar Olahraga Bersama

2. Membuat Rangkaian Bunga Sendiri

Mudah saja membeli rangkaian bunga di toko bunga terdekat untuk hiasan di dalam rumah. Namun, menyentuh, merasakan, dan mempelajari tentang tanaman sambil membuat rangkaian bunga sendiri merupakan cara kreatif untuk berhubungan dengan alam. Aktivitas tanpa gadget ini juga dapat menenangkan mental Kamu.

Mulailah dengan memilih skema warna dan gaya rangkaian yang ingin Kamu buat. Coba cari tahu bunga apa yang sedang musim. Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi toko bunga.

Pilihan lain adalah, Kamu bisa ke taman bunga di mana Kamu bisa memetik sendiri bunga-bunga yang ingin dipilih. Sebelum memilih bunga, coba lihat dulu bentuk wadah yang akan Kamu isi dengan rangkaian bunga dan berapa banyak rangkaian bunga yang ingin dibuat.

Baca juga: Aktivitas Antibosan dan Mati Gaya Saat Harus di Rumah Saja

3. Menulis Buletin Jurnal

Membuat buletin jurnal adalah aktivitas tanpa gadget yang serupa dengan menulis jurnal. Dalam buletin jurnal, Kamu menulis aktivitas dan tugas sehari-hari dalam bentuk yang lebih terkoordinasi, namun tetap menarik.

Di dalam buletin jurnal, Kamu dapat menuliskan rutinitas harian yang perlu dilakukan, kalender bulanan, pesan-pesan penting, serta tujuan jangka panjang. Mirip dengan scrapbook, Kamu bisa mendesain buletin sesuai selera. Aktivitas tanpa gadget ini dapat meningkatkan kreativitas sekaligus membuat kehidupanmu lebih terorganisasi.

Baca Juga :  RSUD Agoesdjam Ketapang Buka Pendaftaran Operasi Bibir Sumbing Gratis

4. Berkebun di Halaman Rumah

Semakin kita hidup dalam lingkungan teknologi, semakin berkurang juga hubungan kita dengan alam. Nah, berkebun adalah cara yang baik untuk kembali merasakan alam dan meningkatkan kesehatan bumi. Berkebun di taman rumah bisa menjadi aktivitas tanpa gadget yang cocok untuk meningkatkan kreativitas juga.

Mulailah dengan menyiapkan ruang di halaman rumah, dengan besaran sesuai yang diinginkan dan memungkinkan. Tanamlah sedikit tanaman di ruang tersebut. Sebaiknya jangan langsung menanam banyak tanaman, karena merawat setiap tanaman membutuhkan waktu yang cukup banyak.

5. Membuat Produk DIY (Do it Yourself)

Membuat produk kecantikan dan kesehatan kulit sendiri merupakan cara yang baik untuk membantu menyelamatkan alam sekaligus meningkatkan kreativitas. Membuat produk kecantikan dan kesehatan kulit DIY juga kesempatan untuk meminimalisir bahan-bahan kimia yang Kamu aplikasikan ke kulit.

Kamu bisa mencari tutorial membuat produk kecantikan dan kesehatan kulit yang benar di internet dari sumber yang terpercaya. Sebagai rekomendasi, mulailah dengan membuat produk yang selama ini Kamu inginkan namun belum dapat membelinya karena terlalu mahal. (UH)

Baca juga: Mums, Yuk Ajak Si Kecil Melakukan Aktivitas Fisik!

Sumber:

The Good Trade. Screen-Free Hobbies To Unplug And Exercise Your Creativity.
Oui, We. SCREEN-FREE HOBBIES FOR SELF-CARE. September 2020.

Comment