Penumpang Kena Covid-19, Kapal Pesiar Kembali ke Pelabuhan Singapura

KalbarOnline.com – Seorang penumpang di kapal pesiar Quantum of the Seas milik Royal Caribbean dinyatakan positif Covid-19. Kondisi itu memaksa kapal yang telah berlayar untuk kembali lebih awal ke pelabuhan.

Dilansir dari CNBC, Rabu (9/12), kapal pesiar tersebut berlayar dari Singapura dengan konsep memungkinkan melakukan perjalanan pulang-pergi ke Singapura. Program ini hanya tersedia untuk penduduk Singapura dan kapal dibatasi hanya untuk mengangkut 50 persen dari total kapasitas penumpang.

“Seorang tamu dinyatakan positif virus Korona setelah diperiksa tim medis kami,” kata Royal Caribbean dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Marina Bay dan Restoran di Singapura Sempat Dikunjungi Pasien Covid-19

Para tamu dan kru yang melakukan kontak dekat dengan penumpang yang terinfeksi telah diidentifikasi dan diisolasi. “Sejauh ini mereka semua dinyatakan negatif,” kata operator kapal pesiar itu.

Baca Juga :  Edi Kamtono Ingatkan Warga Patuhi Prokes Meski Kasus Covid-19 di Pontianak Turun

Badan Pariwisata Singapura (STB) mengatakan penumpang berusia 83 tahun itu dinyatakan positif Covid-19 setelah melapor ke pusat medis kapal dengan gejala diare dan menjalani tes wajib Polimerase Chain Reaction (PCR). Sebelumnya, penumpang tersebut dinyatakan negatif sebelum naik ke kapal.

Royal Caribbean mengatakan kepada CNBC bahwa kapal tersebut telah kembali ke Singapura dan saat ini berlabuh di Marina Bay Cruise Centre. Tetapi perusahaan tidak menanggapi pertanyaan CNBC tentang berapa banyak penumpang dan apakah insiden itu akan mempengaruhi rencana pelayaran.

“Sebagai bagian dari protokol untuk tes positif selama pelayaran, penumpang segera diisolasi dan kontak dekat awalnya diidentifikasi dan diisolasi,” kata Direktur pelayaran di Singapore Tourism Board, Annie Chang.

“Kontak dekat ini telah terbukti negatif setelah pengujian PCR dan pelacakan kontak lebih lanjut sedang berlangsung, semua penumpang wajib tetap di kabin,” katanya.

Baca Juga :  Ribuan Warga Beirut Tuntut Tanggung Jawab Pemerintah Atas Ledakan

Penumpang dan awak yang tersisa akan tetap berada di dalam kamar mereka sampai pelacakan kontak selesai. Mereka semua akan menjalani tes wajib (Covid-19) sebelum meninggalkan terminal, sesuai dengan protokol pasca kedatangan reguler.

Kapal Quantum of the Seas dapat mengangkut sebanyak 4.905 penumpang dan sekitar 1.500 awak dengan kapasitas penuh. Royal Caribbean mengatakan kapalnya memiliki pusat medis di atas kapal yang dapat melakukan pengujian di tempat untuk Covid-19, mengisolasi kasus positif dan memberikan perawatan kritis bila diperlukan.

Saat ini, kapal milik Royal Caribbean dan Genting Cruise Lines sedang berlayar dari Singapura melalui program ini. Kementerian Kesehatan Singapura menyerahkan masalah ini untuk klarifikasi pada Singapore Tourism Board (STB).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment