by

Kapan Ya Bayi Boleh Makan Ayam?

Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi daging ayam? Ya, pastinya hampir semua orang menyukainya ya, tak terkecuali anak-anak. Selain dagingnya yang mudah diolah, ayam juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, kapan sih sebenarnya Mums boleh memperkenalkan ayam kepada si Kecil? Yuk, cari tahu selengkapnya, Mums!

Kapan Bayi Boleh Makan Ayam?

Memperkenalkan ayam kepada bayi harus dilakukan secara bertahap, yaitu setelah ia memulai periode mencoba makanan padatnya. Begitu bayi menginjak usia 6 bulan, Mums bisa mulai memberikannya bubur, lalu kentang rebus tumbuk, kuning telur rebus, dan jenis makanan padat lainnya.

Selanjutnya, setelah si Kecil memasuki usia 8 bulan, Mums bisa memberinya ayam rebus dalam bentuk bubur. Mums bisa menghaluskan ayam dan memberinya tidak lebih dari 2 sendok makan setiap hari.

Baca juga: Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan sesuai Anjuran Dokter Anak

Kandungan Gizi Ayam

Nutrisi dalam ayam sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan si Kecil, terutama kandungan proteinnya. Secara lebih rinci, berikut kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram ayam:

– Protein: 31 gram

– Lemak: 3,6 gram

– Energi: 165 kkal

-Vitamin A: 21 IU

– Vitamin B1: 0,1 mg

– Vitamin B2: 0,1 mg

– Vitamin B3: 13,7 mg

– Vitamin B6: 0,6 mg

– Vitamin B12: 0,3 mcg

– Folat: 4 mcg

– Vitamin E: 0,3 mg

– Vitamin K: 0,3 mcg

– Asam pantotenat: 1 mg

-Kalsium: 15 mg

– Besi: 1 mg

– Natrium: 74 mg

– Fosfor: 228 mg

– Kalium: 256 mg

– Magnesium: 29 mg

– Seng: 1 mg

– Selenium: 27,6 mcg

Manfaat Konsumsi Ayam bagi Bayi

Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, ayam tentu memberikan banyak manfaat untuk tubuh si Kecil. Nah, berikut sejumlah manfaat mengonsumsi daging ayam untuk bayi:

BACA JUGA:  Memilih Botol Susu yang Tepat untuk Si Kecil

1. Pertumbuhan otot

Ayam adalah sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan otot bayi. Selain itu, protein dari sumber hewani ternyata juga lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding protein nabati.

2. Meningkatkan kinerja sistem peredaran darah

Kandungan zat besi dalam ayam dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Ayam juga memiliki kandungan potasium, yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dalam tubuh.

3. Meningkatkan imunitas

Ayam mengandung mikronutrien, seperti seng dan magnesium, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bayi dan mencegah infeksi serta penyakit.

4. Sumber niasin dan fosfor

Keduanya sangat baik untuk membantu melepaskan energi dari protein, lemak, dan karbohidrat selama proses metabolisme.

Baca juga: Anak Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya?

Cara Terbaik Memasak Ayam untuk Bayi

Meski ayam memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, Mums tetap harus memperhatikan beberapa hal terutama cara memasaknya. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan kemungkinan adanya reaksi alergi. Nah, berikut ini tips memasak ayam untuk bayi:

1. Panggang ayam dengan suhu 190°C selama 20 menit. Sebaiknya, potong ayam menjadi beberapa bagian kecil sebelum memanggangnya. Setelah dipanggang, daging ayam dapat dihaluskan atau dipotong-potong jika si Kecil sudah di atas 1 tahun.

2. Potong ayam menjadi irisan tipis dan rebus. Tambahkan air secukupnya ke dalam panci untuk merendam ayam. Rebus potongan ayam selama sekitar 20 menit atau sampai ayam benar-benar matang. Setelah itu, Mums bisa menyaring airnya dan menggunakannya untuk hidangan lain atau campuran makanan si Kecil. Air inilah yang disebut sebagai kaldu ayam.

3. Rebus potongan kecil ayam dalam panci dengan air secukupnya selama 30 menit atau lebih. Selain membuat daging ayam menjadi lebih empuk, merebus dalam waktu yang cukup lama dapat membunuh patogen yang berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:  Yuk, Kenalkan Nikmatnya Pasta kepada Si Kecil

Resep Olahan Ayam untuk Si Kecil

Setelah melihat berbagai manfaat ayam, Mums tentu sudah tidak sabar dong ya membuat olahan berbahan dasar ayam untuk si Kecil. Nah, berikut ini ada resep nasi tim ayam sayuran yang bisa Mums coba, lho!

Nasi Tim Ayam Sayuran

Bahan:
– 4 sdm beras yang telah dicuci bersih
– 400 ml kaldu ayam atau air
– 20 gr kacang polong yang telah dicuci bersih
– 50 gr daging ayam yang telah dicincang
– 30 gr wortel yang telah dicuci dan dipotong dadu kecil
– 1/2 siung bawang putih cincang

Cara membuat:
– Rebus kaldu hingga mendidih. Masukkan beras, wortel, kacang polong, daging ayam, dan bawang putih cincang. Masak hingga semua bahan matang, kemudian angkat.
– Masukkan nasi ke dalam wadah tahan panas. Kukus selama 20 menit atau hingga tekstur nasi benar-benar empuk. Angkat.
– Tuang nasi tim ke dalam mangkuk makan dan hidangkan.

Selain memiliki tekstur daging yang mudah dicerna, ayam juga memiliki banyak sekali manfaat untuk si Kecil. Ayo, jadi sudah siap untuk mencoba resep olahan ayam di atas, Mums? (AS)

Baca juga: Tambah Nafsu Makan Anak dengan Makanan Ini, Mums!

Referensi

Parenting First Cry. “Introducing Chicken to Babies“.

Resep Teman Bumil. “Nasi Tim Ayam Sayuran”.

Homemade Baby Food Recipes. “Introducing Chicken to Baby“.

Comment