RSUD SSMA Pontianak Gelar Penyuluhan MPASI Kaya Protein dan Bagi Telur Gratis Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan kepada 36 pasien dan pengunjung dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-64 dengan tema Makanan Pendamping (MP) ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting, Kamis (25/01/2024).

Ahli Gizi Fitri Eka Nurhasanah menjelaskan, bahwa stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak, faktor penyebabnya adalah kurangnya gizi selama kehamilan yang memadai selama 1.000 hari pertama kelahiran.

“Tidak mendapatkan ASI eksklusif, kurangnya akses terhadap makanan bergizi, sanitasi yang buruk serta penyakit infeksi diantara penyebab stunting pada anak,” jelasnya.

Dia menyebutkan beberapa gejala stunting, diantaranya melambatnya pertumbuhan badan dari usia normal, kemampuan berpikir dan memori yang rendah serta rentan terserang penyakit infeksi sehingga perlu dilakukan upaya untuk mencegah stunting.

Baca Juga :  Kapolda: Kalbar Kondusif, Pembangunan Berjalan Baik

“Dengan cara memenuhi kebutuhan gizi usia remaja, minum tablet tambah darah rutin bagi remaja putri, memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil, pantau tumbuh kembang anak, beri ASI eksklusif selama 6 bulan, menjaga kebersihan lingkungan dan pemberian MP-ASI yang sehat untuk anak usia diatas 6 bulan,” jelasnya.

Penyuluhan MPASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting. (Foto: PKRS-Humas/RSUD SSMA Pontianak)
Penyuluhan MPASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting. (Foto: PKRS-Humas/RSUD SSMA Pontianak)

Dalam pemberian MPASI, ungkapnya, carilah makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. Selain itu makanan mengandung zat gizi tambahan seperti protein hewani seperti telur, ikan, daging yang berguna untuk memenuhi kebutuhan untuk tumbuh kembang.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Perbatasan di Kalbar Resmi Terbentuk, Akan Beroperasi Besok

Selain melakukan penyuluhan, juga dibagikan telur rebus kepada pasien dan pengunjung rumah sakit untuk memberikan edukasi bahwa telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk anak.

“Dengan mengkonsumsi produk olahan protein hewani yang kaya asam amino esensial maka anak-anak akan memperoleh  zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh optimal,” tuturnya.

Dengan momentum Hari Gizi Nasional tahun 2204, dia berharap, semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya MPASI berkualitas untuk membangun generasi emas yang kuat, cerdas dan sehat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment