Tips Rekam Video Saat Bersepeda Dengan Kamera Smartphone Galaxy A21 Dan Galaxy A31

Sejak pandemi Covid-19 melanda, kegiatan bersepeda menjadi tren di masyarakat. Jika sebelumnya hanya para pehobi sepeda saja, kini tiba-tiba semua orang jadi gemar bersepeda.

Setiap hari bisa kita lihat orang bersepeda mulai dari personal, berpasangan, keluarga hingga komunitas ramai-ramai bersepeda.

Fenomena ini diperkuat dengan survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) penggunaan sepeda di Indonesia meningkat hingga 10 kali lipat atau meningkat 1.000 persen saat PSBB Jakarta, dibandingkan dengan pada Oktober 2019.

Tentu saja, kegiatan bersepeda ini juga menjadi momen untuk membuat video menarik bagi para generasi live sekarang ini. Salah satu cara paling mudah dan banyak dilakukan untuk merekam momen bersepeda yaitu menggunakan kamera smartphone.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kamera smartphone untuk merekam video yang bagus saat aksi bersepeda.

1. Posisi kamera dan sudut pengambilan gambar
Salah satu kunci dari gambar video yang bagus saat aksi bersepeda, salah satunya ditunjang dari posisi kamera smartphone itu sendiri. Jika ingin membuat video perjalanan letakkan kamera smartphone di dada, jika ingin membuat personal vlog bisa diletakkan di setang sepeda.

2. Maksimalkan fitur Stabilizer kamera smartphone
Gunakan kamera smartphone yang sudah memiliki fitur stabilizer atau fitur super steady untuk menghindari video goyang saat terjadi guncangan dari gerakan sepeda.

3. Rekam video dengan posisi Horizontal
Jika kebutuhan video untuk diunggah di Instagram atau WhatsApp Stories bisa merekam video dalam posisi dalam posisi vertikal agar proses unggah lebih mudah. Namun untuk tampilan di website, youtube, laptop dan televisi sebaiknya merekam video dalam posisi horizontal ketika diunggah.

Baca Juga :  Tiongkok Bakal Tindak Aplikasi yang Bikin Kecanduan Anak-anak

Tips Rekam Video Saat Bersepeda Dengan Kamera Smartphone Galaxy A21 Dan Galaxy A31 2

4. Hindari penggunaan digital zoom saat merekam video
Membesarkan objek saat merekam video dengan digital zoom hanya akan membuat hasil menjadi pecah, pixelated dan kurang fokus. Pastikan posisi zoom stkitar agar tidak merusak kualitas video yang dihasilkan.

5. Gunakan mikrofon eksternal
Merekam video saat bersepeda tentunya akan banyak gangguan suara lain di jalan yang akan masuk kedalam video dan mengganggu, seperti suara orang bercakap-cakap, suara mesin atau klakson kendaraan dan sebagainya. Agar tidak menggangu, tambahkan mikrofon eksternal yang bisa disambungkan ke smartphone secara langsung agar hasil rekam suara lebih jernih.

Bagi seorang pemula, smartphone merupakan alat yang cukup mumpuni untuk menghasilkan konten video. Apalagi kemampuan kamera dan fitur rekam video smartphone sekarang ini sudah komplit untuk memenuhi kebutuhan pembuatan video. Kemampuan kamera Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 bisa jadi pilihan dengan harga yang relatif terjangkau.

Tips Rekam Video Saat Bersepeda Dengan Kamera Smartphone Galaxy A21 Dan Galaxy A31 3

Untuk kemampuan fotografi, Samsung Galaxy A21 mengusung 4 kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 16MP, f/1.8, (wide), 1/3.06″, 1.0µm dengan kemampuan fokus PDAF. Disediakan juga sensor kamera ultra-wide 8MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm.

Baca Juga :  Bocor, Seperti Inikah Desain dan Spesifikasi IPhone 12 Pro Max?

Tambahan dua pendukung kamera lainya yaitu sensor makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP. Kamera depan untuk foto selfie dan video call disediakan sensor 13MP. Baik kamera depan maupun kamera belakangnya sudah mampu merekam video dengan kualitas hingga FHD(1080p)@30fps.

Tips Rekam Video Saat Bersepeda Dengan Kamera Smartphone Galaxy A21 Dan Galaxy A31 4

Alternatif perangkat lain untuk merekam video saat bersepeda yaitu Samsung Galaxy A31. Dilengkapi dengan Quad Camera, Galaxy A31 memungkinkan pengguna untuk merekam video saat bersepeda, atau membuat vlog sambil bercerita.

Kamera utama Galaxy A31 berkekuatan 48MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF yang mampu mengoptimalkan video dan foto objek berkat bantuan teknologi AI. Kamera Ultra Wide 8 MP f/2.2 dengan tampilan sudut 123o, memungkinkan Kita menangkap objek video dan foto dengan lebih luas.

Depth Camera 5 MP memberikan efek dramatis dengan memanfaatkan fitur Live Focus yang dapat disesuaikan untuk menghasilkan video dan foto menarik. Serta kamera Macro 5 MP, yang dapat mengambil setiap obyek gambar secara detil ketika melakukan close up shot.

Untuk rekam video selfie disediakan kamera depan dengan sensr 20 MP yang menghasilkan video tajam seperti yang Kita inginkan dari sudut manapun. Kemampuan rekam video kamera depan dan belakang Galaxy A31 memiliki kualitas hingga FHD(1080p)@30fps.

The post Tips Rekam Video Saat Bersepeda Dengan Kamera Smartphone Galaxy A21 Dan Galaxy A31 appeared first on KalbarOnline.com.

Comment