Mahfud MD: Sengaja Bikin Kerumuman Adalah Pembunuh Kelompok Rentan

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengkritik keras orang-orang yang sengaja membuat kerumuman dintengah pandemi Covid-19. Dia menganggap orang seperti itu seperti pembunuh kelompok rentan.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam rangka merespons acara pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Dengan adanya kegiatan massa dalam jumlah besar, akan menjadi ancaman sendiri bagi warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

’’Orang yang sengaja melakukan kerumunan massal tanpa mengindahkan protokol kesehatan berpotensi menjadi pembunuh potensial terhadap kelompok rentan,’’ kata Mahfud dalam konferensi pers secara daring, Senin (16/11).

Baca Juga :  KPK Sita Rp1.4 Miliar dalam OTT Bupati Penajam Paser Utara

Mahfud menyampaikan, pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Rizieq bisa berdampak fatal. Terutama dalam upaya pengendalian Covid-19. “Bisa membuyarkan segala upaya yang kita lakukan delapan bulan terkakhir,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan sanksi administratif berupa denda Rp 50 juta kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Sanksi tersebut diberikan karena melanggar protokol kesehatan Covid-19 dalam penyelenggaraan kegiatan pernikahan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :  Menko PMK Ibaratkan Tenaga Medis sebagai Ratu Pertempuran

’’Terhadap pelanggaran tersebut, dikenakan sanksi berupa denda administratif sebesar Rp 50 juta,’’ kata Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin di Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/11).

Pelanggaran protokol kesehatan itu lantaran kegiatan pernikahan putri Rizieq Shihab pada Sabtu (14/11) malam, dihadiri oleh banyak massa. Arifin menegaskan, sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan berlaku untuk semua tanpa terkecuali. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment